31.8 C
New York
Monday, June 24, 2024

Pemko Diminta Pastikan Hewan Kurban di Medan Bebas Penyakit

Medan, MISTAR.ID

Seminggu menjelang Hari Raya Idul Adha, Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait diminta memastikan seluruh hewan kurban yang akan disembelih di Kota Medan bebas dari penyakit.

Sebab, Pemko Medan harus menjadi garda terdepan dalam memastikan daging-daging hewan kurban yang ada memang benar-benar layak  dikonsumsi masyarakat.

“Kita minta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) melakukan pengawasan terhadap setiap hewan kurban yang masuk ke Kota Medan,” pinta anggota Komisi II DPRD Medan, Syaiful Ramadhan, Senin (10/6/24).

Ketua Fraksi PKS (F-PKS) ini mengatakan, permintaan terhadap hewan kurban akan selalu meningkat setiap Hari Raya Idul Adha. Oleh karenanya, Pemko Medan harus bisa menenangkan masyarakat dengan memastikan kesehatan hewan kurban yang ada.

Baca juga: Antisipasi Pemicu Inflasi, Pemko Medan Harus Cepat Stabilkan Harga Beras

“Kita tahu bersama bahwa sapi yang mengidap penyakit mulut dan kuku (PMK) berbahaya jika dikonsumsi. Dinas Kesehatan kita minta memastikan semua hewan kurban yang masuk ke Kota Medan memang terbebas dari penyakit dan layak dikonsumsi,” katanya.

Dalam melakukan pengawasan, Syaiful menyarankan OPD terkait untuk berkoordinasi dengan kewilayahan. Sebab, jumlah hewan kurban yang masuk akan sangat meningkat menjelang hari H.

“Mungkin saat ini baru beberapa hewan kurban yang datang, sehingga pengawasan ataupun pengecekan kesehatannya bisa dilakukan. Namun H-3 sampai H-1, jumlah yang datang akan sangat banyak. Makanya harus berkoordinasi dengan kewilayahan, sehingga tak ada hewan kurban yang luput dari pemeriksaan,” pungkasnya. (rahmad/hm20)

Related Articles

Latest Articles