13.6 C
New York
Saturday, April 27, 2024

Pegadaian Dorong UMKM Medan Naik Kelas

Medan, MISTAR.ID

PT Pegadaian Kanwil 1 Medan mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk naik kelas melalui melalui Festival Ramadhan 2024.

Komitmen perusahaan milik BUMN itu diapresiasi Pj Gubernur Sumatra Utara (Sumut) melalui Asisten Bidang Perekonomian & Pembangunan Provinsi Sumut, Agus Tripriyono saat menghadiri Festival Ramadan 2024 yang digelar PT Pegadaian Kanwil 1 Medan, Sabtu (30/3/24) malam di Atrium Plaza Medan Fair .

Menurut Agus, pagelaran Festival Ramadhan Pegadaian Medan bermanfaat agar UMKM bangkit dan naik kelas.

“Di Sumut, ada sekitar 2 juta lebih pelaku UMKM yang menjadi peluang bagi Pegadaian untuk menggarapnya lagi,” ucapnya.

Baca juga: Harga Emas Pegadaian Naik Jelang Akhir Pekan

Ia memandang, selama ini pelaku UMKM belum begitu mengenal Kredit Usaha Rakyat (KUR). Banyak masyarakat yang menilai memperoleh KUR begitu rumit.

“Jadi, kalau di Pegadaian ini beberapa persyaratan bisa disederhanakan agar pelaku UMKM bisa memanfaatkan Pegadaian. Sehingga pasca Covid-19 UMKM bisa bangkit kembali,” katanya.

Pemimpin Wilayah PT Pegadaian Kanwil 1 Medan Beni Martina Maulan menjelaskan, proses pengajuan KUR Syariah di Pegadaian tentu saja mendukung pelaku UMKM untuk memperoleh KUR.

“KUR di Pegadaian tanpa ada jaminan. Hanya bermodalkan usaha yang diketahui dan diperjelaskan dengan surat keterangan usaha dari pihak kelurahan atau desa,” tambahnya.

Related Articles

Latest Articles