15 C
New York
Sunday, April 28, 2024

Pasokan Ikan Segar di Pasar Tradisional Siantar Belum Stabil, Sejumlah Lapak Masih Tutup

Pematang Siantar, MISTAR.ID
Pasokan ikan segar di berbagai pasar di Kota Pematang Siantar belum stabil. Kondisi ini disebabkan minimnya pasokan ikan dari distributor atau pemasok ikan-ikan segar dari berbagai daerah di Sumatera Utara.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Dwikora, Junedi mengatakan, minimnya pasokan ikan saat ini dikarenakan banyak nelayan masih libur Lebaran. Sehingga, stok ikan pasca Lebaran semakin menipis.

Kebanyakan ikan yang kini dijual adalah ikan yang telah melewati tahapan pembekuan dengan es.

“Ada memang nelayan yang sudah pergi melaut, tetapi sedikit, sehingga pasokan ikan segar minim,” katanya, Jumat (28/4/23).

Baca Juga:Pasokan Ikan Laut di Pasar Tradisional Siantar Minim, Warga Mengeluh

Akibatnya, lanjut Junedi, pedagang terpaksa menaikkan harga jual ikan di pasar. Rata-rata harga ikan laut pasca Lebaran mengalami kenaikan sekitar 10-20 persen dari harga biasanya.

Itupun, tergantung dari pedagang ikan masing-masing. Kenaikan tersebut disebabkan karena stok ikan terbatas di pasaran.

“Hari ini sudah ada yang masuk ikan segar, tapi sedikit. Seperti dari daerah Belawan, Tanjungbalai, dan Sibolga. Pihak distributor juga menaikan harga, kami pun terpaksa menaikkan pula,” sebut Junedi.

Baca Juga:Pasokan Berkurang, Harga Ikan Laut di Lubuk Pakam Kembali Naik

Tak jauh beda dengan pendapat pedagang ikan lainnya yang berada di pasar yang sama, yaitu Dedi. Menurutnya, langkanya jumlah ikan laut di pasaran karena banyak nelayan masih belum melaut pasca Lebaran.

“Hasil laut yang ditangkap berkurang, nelayan turun mencari ikan itu masih sedikit. Masing-masing lapak hanya tersedia sedikit ikannya. Jenis ikan yang dijual juga sangat terbatas,” tutur Dedi.

Karena itu, sambung dia, banyak lapak yang kosong dan tutup, karena tak ada pasokan ikan. Padahal, sebut Dedi, permintaan ikan cukup tinggi pasca Lebaran, tapi pasokannya sangat terbatas.

Baca Juga:Harga Ikan Laut di Lubuk Pakam Melonjak Tajam

“Banyak masyarakat yang datang ke pasar ikan ini beli ikan, tapi stok terbatas. Persediaan ikan laut di pasaran saat ini berkurang, kalau dibandingkan dengan hari biasanya,” ujarnya.

Akibat minimnya pasokan, kata Dedi, harga ikan pun relatif mahal. Penjualan ikan per kilogram juga mengalami peningkatan. Tetapi dia meyakinkan kalau sudah semua nelayan melaut, harga ikan akan normal kembali.

“Harapannya, kondisi ini segera berakhir. Mudah mudahan nelayan bisa segera aktif kembali beraktivitas melaut. Sepertinya minggu depan ikan segar yang dari daerah Aceh, sudah ada,” terang.(yetty/hm10)

Related Articles

Latest Articles