13.2 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Pasien Positif Korona Naik Jadi 36

Medan, MISTAR.ID
Jumlah pasien positif korona di Sumatera Utara naik menjadi 36 orang. Sementara jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga naik 11,5 persen. Sedangkan jumlah Orang Dalam Pengawasan (ODP) turun 12,4 menjadi 2.969 orang.

Hal itu dikatakan juru bicara Gugus Tugas Covid-19 dr Whiko Irwan dalam konferensi pers dari Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jumat (3/4/20).

Menurutnya dari 36 orang yang positif, 11 diantaranya merupakan hasil dari rapit test. Hal ini berarti naik dari hari sebelumnya, 30 orang. “Saat ini mereka ditangani oleh rumah sakit-rumah sakit rujukan yang ada di Sumatera Utara,” kata Whiko.

Ia juga mengatakan bersyukur jumlah ODP tidak bergerak naik. Berkat semakin meningkatnya kesadaran masyarakat yang secara mandiri melaporkan diri akan mempercepat penanganan virus ini.

“Pemerintah Sumatera Utara telah menyiapkan 5 rumah sakit rujukan, utama antara lain RSUP Adam Malik, RSUD Kabanjahe, RSUD Djasamen Saragih, RSUD Tarutung, dan RSUD Padangsidimpuan,” katanya.

Selain rumah sakit tersebut, Pemprov Sumut menyiapkan sejumlah RS rujukan lain jika terjadi lonjakan jumlah PDP korona. Kapasitas RS-RS ini 1.500 kamar.

RS tersebut antara lain RS GL Tobing Tanjung Morawa, RS Martha Friska Medan, RSUD Abdul Manan Simatupang, RSUD Gunung Sitoli, serta RS darurat Pemprov Sumut.

Ia minta masyarakat mematuhi imbauan pemerintah untuk menjaga jarak (social discanting), selalu mencuci tangan dan menjaga kebersihan.

Penulis : Edrin Nasution
Editor : Rika Yoesz

Related Articles

Latest Articles