22.1 C
New York
Monday, April 29, 2024

Panen 8 Ton Jagung di Medan, Mentan Harap Indonesia Bisa Stop Impor Jagung

Medan, MISTAR.ID

Bersama Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman, Wali Kota Medan, Bobby Nasution memanen jagung di ladang kawasan Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan, Senin (5/2/24).

Panen jagung ini diharapkan dapat memberi dampak terhadap peningkatan produksi secara nasional. Selain itu, kedepannya Indonesia diharapkan mampu mengembalikan keadaan dengan menyetop impor dan kembali ekspor jagung.

Mentan mengaku senang karena dapat memanen jagung dalam gerakan tanam dan panen jagung di ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Baca juga : Mentan dan Pj Gubernur Sumut Serahkan Bantuan Pertanian Rp534 Miliar, Komitmen Tingkatkan Ketahanan Pangan

“Saya merasa bangga karena dapat melihat hasil panen yang luar biasa sebanyak 8 ton, ini luar biasa. Umur jagung tiga bulan sekarang sudah mulai panen, semoga kita bisa menghentikan impor,” harapnya.

Mentan mengatakan jagung adalah salah satu komoditas tanaman pangan yang sangat strategis dan berpotensi meningkatkan kesejahteraan petani.

“Selain pangsa pasar yang sangat terbuka dan budidaya yang cukup mudah, saat ini harga jagung sangat stabil bahkan cenderung tinggi,” katanya.

Baca juga : Maret 2024 Berpotensi Surplus Beras, Mentan Optimis Panen Raya

Dalam kesempatan itu, tampak Bobby Nasution bersama Mentan dan unsur Forkopimda Sumatera Utara melakukan penanaman jagung bersama.

Adapun lokasi panen tersebut berada di lahan yang digarap oleh Kelompok Tani Pembangunan, dengan hamparan tanam/panen jagung kurang lebih 10 hektare dengan Indeks Pertanaman (IP) satu tahun tiga kali. (rahmad/hm18)

Related Articles

Latest Articles