10.5 C
New York
Sunday, May 12, 2024

Normalisasi Sungai Deli Bakal Selesai Sesuai Target

Medan, MISTAR.ID

Pemerintah Kota (Pemko) Medan optimis pengerjaan normalisasi Sungai Deli akan selesai sesuai target yang telah ditetapkan. Setelah hampir tiga bulan berlalu, normalisasi Sungai Deli masih terus dilakukan tim gabungan dari Pemko Medan bersama BWSS II dan TNI AD.

“Untuk pengerjaan sempadan sungai sudah 100 persen, tinggal ambang batas saja yang masih 60 persen,” kata Leading Sektor normalisasi Sungai Deli, M Husni saat dikonfirmasi Mistar, Rabu (20/12/23).

Dijelaskan Husni, pengerjaannya sudah selesai 100 persen yakni sektor 1 (mulai dari tol Belawan sampai RS Delima sepanjang 9,2 km) dan sektor 2 (dari RS Delima sampai RS Martha Friska) sepanjang 8,9 km.

Baca Juga: Bantu Normalisasi Sungai Deli, Kodam I Bukit Barisan Turunkan 1000 Prajurit

“Sedangkan di sektor 3 (RS Martha Friska sampai Jalan Palang Merah sepanjang 7,5 km) dan sektor 4 (Jalan Palang Merah sampai Kanal Johor sepanjang 8,5 km) pengerjaan sudah 80 persen. Kita optimis pengerjaannya nanti selesai di tahun ini, yakni pada 22 Desember nanti,” katanya.

Saat disinggung sudah sejauh mana manfaat normalisasi Sungai Deli mengingat Kota Medan masih tetap banjir jika hujan turun, Husni mengaku bahwa hal tersebut terjadi lantaran sering sekali saat hujan di Kota Medan, di saat bersamaan hujan juga di kawasan pegunungan.

“Jadi, kalau hujannya di Kota Medan saja, air masih kita ditampung Sungai Deli. Terkadang karena mendapat kiriman, sehingga tidak tertampung semua air yang masuk. Dan saat ini juga masih belum selesai pengerjaan drainase. Mudah-mudahan jika nanti semua selesai dikerjakan, banjir bisa teratasi,” pungkas pria yang juga menjabat Kepala BPBD Kota Medan ini.

Baca Juga: Wali Kota Medan Sebut Tak Ada Penggusuran Dinormalisasi Sungai Deli

Sementara itu, salah seorang warga Tanjung Mulia, Auliansyah menyebut bahwa manfaat normalisasi Sungai Deli sudah mulai terasa. Sebab jika hujan turun, air bisa cepat surut.

“Kalau kemarin-kemarin bisa lama surutnya, sekarang sudah cepat. Dan kita lihat memang aliran sungai jadi lebih bersih,” katanya.

Dengan adanya normalisasi ini, Auliansyah pun berharap nantinya banjir benar-benar bisa teratasi.

“Pengerjaan drainase ini juga kita harap cepat selesai, karena aktivitas lalu lintas sangat terganggu. Semoga saja janjinya untuk selesai di tahun ini betul terbukti. Sebab, kami (masyarakat) sangat terganggu dengan pengerjaan drainase ini,” pungkasnya. (Rahmad/hm22)

Related Articles

Latest Articles