26.7 C
New York
Thursday, July 4, 2024

NasDem Dukung Bobby di Pilgubsu, PKS dan PDIP Saling Menunggu

Jakarta, MISTAR.ID

Meski jadwal pencalonan Gubernur dan Wakil Gubernur masih sekitar 2 bulan lagi yakni di bulan Agustus, namun nama Bobby Nasution hampir bisa dipastikan akan diusung oleh beberapa partai politik untuk Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara. Selain dimajukan dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), nyatanya di luar koalisi itu juga ikut memberikan dukungannya. Terbaru adalah dari partai Nasdem.

Ketua Umum (Ketum) NasDem Surya Paloh menyebut partainya telah menentukan dukungan pada pencalonan di Pilgub Sumatera Utara (Pilgubsu) 2024. Paloh mengatakan dukungan itu berlabuh pada Wali Kota Bobby Nasution.

“Bobby kan,” ujar Paloh kepada wartawan, di Jakarta Senin (24/6/24). Paloh menjawab soal arah dukungan partainya di Pilgubsu 2024.

Paloh mengatakan partainya belum menentukan nama-nama cawagub untuk disodorkan mendampingi Bobby. Paloh menyerahkan kepada Bobby soal penentuan cawagub untuk maju bersama dirinya di Pilgubsu.

Baca juga:Deretan Partai Dukung Bobby Nasution di Pilgub Sumut 2024

Lantas bagaimana dengan PKS dan PDI P?
Nama yang sempat santer untuk maju dengan penuh percaya diri mampu melawan Bobby Nasution adalah mantan Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Sinyal Edy akan didukung oleh PKS tampaknya sudah jauh hari. Mantan Pangkostrad itu sepertinya sudah dapat sinyal sejak beliau menyelesaikan masa baktinya sebagai Gubernur lalu. Bahkan Ketika Edy menjadi tim pemenangan dalam ikut mendukung Anies Baswedan sebagai Presiden, sinyal kedekatan Edy dengan PKS semakin terbuka.

Sehingga PKS menganggap mantan Pangkostrad itu bukan orang lain melainkan sahabat yang akrab. Ketua Tim Penjaringan dan Penyaringan DPW PKS Sumut, Amsal Nasution saat menerima tim Pemenangan Edy Rahmayadi yang mengambil formulir pendaftaran sebagai calon gubernur, di Kantor DPW PKS Sumut, Kota Medan, Selasa 24 April 2024.

Walau pun demikian, tentu saja PKS tidak bisa sendiri untuk mencalonkan Edy Rahmayadi. Butuh partai lain yang bisa membangun kekuatan untuk mencapai jumlah dukungan dan kemenangan. Sampai saat ini, arah menyatukan dukungan itu kian hari kian lamban dan belum tampak progress.

Lantas bagaimana dengan Langkah PDI Perjuangan? Kemana arah dukungan yang diberikan PDIP untuk calon Gubernur Sumatera Utara. Hampir bisa dipastikan tidak mungkin pilihannya dilabuhkan kepada Bobby Nasution setelah perseteruan dalam pilpres sebelumnya dan hengkangnya Bobby dari PDIP.

Sejauh ini ada 3 nama yang sudah mendaftarkan diri ke PDI Perjuangan, yakni Nikson Nababan dan Edy Rahmayadi dan pengusaha asal Medan Barry Situmorang.

Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan menyerahkan formulir pendaftaran bakal calon (bacalon) Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) ke DPD PDIP Sumut (6/3/24).Nikson menjadi pendaftar pertama ini. Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon dan Ketua Bappilu DPD PDIP Sumut Mangapul Purba menerima berkas tersebut.

Baca juga:NasDem Resmi Usung Bobby Maju di Pilgub Sumut

Mantan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi resmi mendaftar ke PDIP Sumut sebagai bacalon Gubsu (6/5/24). Edy mengembalikan formulir pendaftaran hari ini ke PDIP Sumut. Eddy sendiri sudah mendaftarkan dirinya kepada 3 Partai Politik lainnya, yakni PKS, Demokrat dan nasdem. Sementara Demokrat dan Nasdem sudah menentukan dukungannya yakni Bobby Nasution.

Namun, hingga kini baik PDI P maupun PKS belum menentukan dukungan mereka. Meski banyak pihak yang meragukan bersatunya PDIP dengan PKS, namun bukan tidak mungkin koalisi partai menyatukan mereka. Apa mungkin keduanya masih menunggu waktu yang tepat atau justru belum bisa menyatukan misi bersama. Kita tunggu saja. (mrt/hm06)

Related Articles

Latest Articles