10.7 C
New York
Friday, May 10, 2024

Mulai 19 November 12 Ruas Jalan di Kota Medan Berganti Arus

Medan, MISTAR.ID

Mulai Sabtu 19 November 2022, sebanyak 12 ruas jalan di Kota Medan berganti arus. Untuk itu, masyarakat diimbau agar mematuhi peraturan baru tersebut guna kelancaran lalu lintas.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Medan Iswar Lubis melalui Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Gultom R Parlin mengatakan, hal ini dilakukan menyikapi pertumbuhan kendaraan sehingga arus lalu lintas semakin padat.

“Ini juga termasuk terkait kebijakan revitalisasi Lapangan Merdeka dan Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Kawasan Kota Lama,” kata Gultom R Parlin, Kamis (3/11/22).

Gultom menyebut, untuk menyukseskan perubahan arus lalu lintas, pihaknya menyebar petugas di titik-titik ruas jalan tersebut guna melakukan pengaturan lalu lintas.

Baca Juga:Ada Pameran Alutsista HUT ke-77 TNI, Sejumlah Ruas Jalan di Medan Ditutup

“Kita juga akan memasang 165 rambu-rambu lalu lintas untuk memudahkan masyarakat dalam menaati perubahan arus yang kita lakukan,” jelasnya.

Gultom memastikan Dishub Medan telah melakukan sosialisasi berkelanjutan, dimulai sejak menyurati sejumlah pihak terkait di antaranya Badan Koordinasi Ketertiban Lalu Lintas (Bakortib) Kota Medan.

“Kebijakan ini permanen. Misalnya arus lalu lintas di Kawasan Kota Lama yakni Jalan Perniagaan akan dijadikan lokasi pedestrian atau khusus pejalan kaki. Dengan demikian tentu tidak akan ada lagi arus lalu lintas di jalan itu,” pungkasnya.

Baca Juga:Kirab Merah Putih, Sejumlah Ruas Jalan di Medan Dialihkan

Berikut 12 ruas jalan yang dilakukan pergantian arus:

1. Jalan Bambu II, mulai dari simpang Glugur s/d simpang Jalan Gaharu satu arah dari Barat ke Timur.

2. Jalan Karantina mulai dari simpang Jalan Gaharu s/d simpang Jalan KL Yos Sudarso satu arah dari Timur ke Barat.

3. Jalan Mucthar Basri satu arah dari Selatan ke Utara.

4. Jalan Irian Barat dan Jalan Jawa satu arah dari Selatan ke Utara.

5. Jalan Zainul Arifin dan Jalan Palang Merah mulai dari simpang Jalan Pemuda s/d simpang Jalan Imam Bonjol satu arah dari Timur ke Barat.

6. Jalan Gaharu satu arah dari Selatan ke Utara mulai dari simpang Jalan HM Yamin s/d simpang Jalan Perintis Kemerdekaan.

7. Jalan Gudang satu arah dari Utara ke Selatan.

8. Jalan Zainul Arifin mulai dari simpang Jalan Diponegoro s/d simpang Jalan Imam Bonjol satu arah dari Timur ke Barat.

9. Jalan Perintis Kemerdekaan mulai dari simpang Hotel JW Marriot s/d simpang Jalan Merak Jingga satu arah dari Barat ke Timur.

10. HM Yamin mulai dari simpang Jalan Balaikota s/d simpang Jalan Gudang satu arah dari Timur ke Barat.

11. Jalan Mongonsidi mulai dari bundaran Juanda s/d simpang Jalan Patimura satu arah dari Barat ke Timur.

12. Jalan Patimura mulai dari simpang Jalan Mongonsidi s/d simpang Jalan Sudirman satu arah dari Selatan ke Utara.(rahmad/hm10)

Related Articles

Latest Articles