17.6 C
New York
Tuesday, September 24, 2024

Minimalisir Kecelakaan, Dishub Sumut Edukasi Sekolah Gunakan Bus Pariwisata

Medan, MISTAR.ID

Dinas Perhubungan (Dishub) Sumatera Utara (Sumut) akan menggandeng Dinas Pendidikan Sumut (Disdiksu) untuk mengedukasi sekolah-sekolah agar lebih selektif memilih angkutan.

Kepala Dishub (Kadishub) Sumut, Agustinus mengatakan, pasca terjadinya kecelakaan yang menewaskan 11 siswa di Subang dan banyaknya kecelakakaan lalu lintas, Menteri Perhubungan (Menhub) meminta agar pemakaian bus pariwisata bisa lebih selektif.

“Selepas kecelakaan kemarin, kami dapat arahan dari pak Menteri untuk lebih mengantisipasi ini dengan pengawasan di terminal, penggunaan angkutan pariwisata harus betul-betul selektif, artinya sekolah dan masyarakat ini harus memastikan kendaraan ini harus legal dan berizin, ini yang kami upayakan dengan operatus angkutan pariwisata agar mereka berizin,” ujarnya, Rabu (22/5/24).

Baca Juga : Kadishub Sumut Tegaskan Angkutan Umum Plat Hitam Ilegal

Agustinus mengatakan, pihaknya akan segera melakukan sosialisasi ke sekolah di bawah naungan Disdik Sumut untuk mengedukasi para siswa agar lebih memahami pemakaian bus pariwisata.

“Dalam waktu dekat kita persiapkan surat ke Disdik Sumut untuk mensosialisasikan hal ini ke sekolah-sekolah untuk memastikan kalau menggunakan angkutan pariwisata harus memastikan kendaraan layak jalan dan berizin, yang kedua kami edukasi ke operator angkutan bus di pertemuan-pertemuan,” ungkapnya.

Dirinya juga mengatakan sudah melakukan pemilihan pelajar pelopor yang berfungsi sebagai agen perubahan.

“Ini kami juga baru melaksanakan pemilihan pelajar pelopor tujuannya bagaimana mereka bisa lebih peduli kepada keselamatan. Pelajar pelopor ini nanti jadi agen perubahan, jadi mereka paham angkutan yang mereka pakai angkutan yang berizin, jadi kami tidak bisa sendiri perlu keterlibatan beberapa stackholder,” jelasnya.

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles