23.1 C
New York
Thursday, July 18, 2024

Menuju Indonesia Emas 2045, Aktivis: Pondasi Harus Kuat

Medan, MISTAR.ID

Untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045, beberapa perkumpulan generasi muda mulai melakukan kegiatan-kegiatan untuk menyuarakan tentang hal ini.

Fajar Sidik, seorang aktivis muda, saat ditemui mistar pada sebuah grup diskusi yang di salah satu warung kopi di Jalan Sisingamangaraja mengaktakan, persiapan menuju Indonesia Emas 2045 harus dimulai sejak lama.

“Kenapa harus dimulai dari sejak lama, karena kan memang pondasinya harus kuat. Menciptakan pondasi yang kuat itu, persiapan-persiapannya juga harus kuat,” katanya, Kamis (18/7/24).

Baca juga:HUT ke-434, Bobby Ingin Kota Medan Jadi Bagian Indonesia Emas 2045

Selain itu, lanjut Fajar, bahan-bahan persiapan Indonesia Emas, dalam hal ini sumber daya manusia (SDM) juga harus kuat.

“Itulah kenapa, mulai dari sekarang anak-anak muda mungkin di usia 20 ke 30 tahun itu harus dipersiapkan untuk  menuju ke sana,” sambungnya.

Menurut pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Medan ini, tantangan terbesar bagi anak muda bukanlah tentang perkembangan zaman. Tapi berkurangnya ruang dan wadah untuk berekspresi.

“Jadi sebenarnya bukan perkembangan zamannya yang salah, yang jadi hambatan. Tapi ya para pemangku jabatan, kepala-kepala daerah itu kurang menyediakan ruang. Beda seperti misalnya di Kota Medan, sejak dipimpin Bobby Nasution, ruang-ruang kreatif itu sudah mulai banyak,” katanya.

Baca juga: Bonus Demografi Jadi Andalan Menuju Indonesia Emas 2045

Fajar mencontohkan, seperti di Kota Lama, Kesawan. “Itu, hari ini sudah banyak anak-anak muda yang secara lepas itu bebas ngumpul, kadang mereka mau bermusik, ya bermusik. Kadang mereka mau berfotografi, ya berfotografi,” bebernya.

Selanjutnya, Fajar mengatakan bahwa pada 2045 nanti, masyarakat Indonesia yang usia produktif harus benar-benar menjadi garda terdepan menuju Indonesia Maju.

“Harapannya yang utama itu yang pasti itu, di mana di tahun 2045 yang selama ini dicanangkan, yang selama ini divisikan Pak Jokowi itu betul-betul terwujud,” tuturnya.

“Bahwa pada masa 2045 di mana usia mayoritas masyarakat Indonesia itu usia produktif, itu benar-benar menjadi garda terdepan Indonesia untuk menuju Indonesia maju, Indonesia yang benar-benar kuat, yang bisa bersaing di dunia internasional,” jelasnya. (susan/hm17)

Related Articles

Latest Articles