17.2 C
New York
Sunday, September 29, 2024

Melalui Pentas Keliling Teater Anak, Mampu Cetak Generasi Berkualitas

Medan, MISTAR.ID

Program studi (Prodi) Seni Pertunjukan Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan (Unimed) melakukan kolaborasi dengan beberapa sekolah di Kota Medan untuk mengadakan pentas keliling teater anak.

Pentas dilaksanakan sejak tanggal 15-23 Juni 2024 di beberapa sekolah dan di Kantor Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BDSM) Sumatera Utara (Sumut). Bentuk kolaborasinya, mahasiswa memilih dan menyeleksi anak-anak di sekolah untuk dapat peran dan ikut andil dalam seni pertunjukan.

Dosen Seni Pertunjukan FBS Unimed sekaligus pengampu kegiatan, Frisdo Ekardo menjelaskan rangkaian kegiatan ini terbagi dari 4 kelompok, 3 diantaranya sudah melaksanakan pementasan di 3 lokasi yang berbeda di sekolah sekitar Kota Medan.

Baca juga : Aktivitas Kesenian di TBM Hingga Kini Kian Redup

“Melalui kegiatan ini, mencoba mengajak teman-teman mahasiswa untuk berkontribusi di ruang masyarakat luas. Membebaskan mereka untuk memilih lokasi dan ruang kreatif. Baik itu sekolah formal dan non formal,” ujarnya saat ditemui mistar.id, Senin (24/6/24).

Melalui kerja kolaborasi lintas sekolah, mahasiswa belajar dengan berbagai perannya, seperti tentang koordinasi, manajemen dan sebagai sutradara.

Dikatakan Ekardo, teater anak tentu memberikan kontribusi yang berarti bagi perkembangan anak-anak dan masyarakat secara keseluruhan. Teater sering digunakan sebagai media untuk mengangkat dan mengatasi isu-isu sosial yang relevan.

Related Articles

Latest Articles