12.8 C
New York
Sunday, April 28, 2024

LPG 3 Kg Sulit di Medan, Pertamina: Penyaluran Sudah Over Kuota Sekitar 3%

Medan, MISTAR.ID

Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria memberikan jawaban atas adanya kesulitan sejumlah warga Kota Medan mendapatkan LPG 3 kg belakangan ini.

Menurutnya, penyaluran LPG 3 kg hingga year to date (ytd) Juni 2023 justru sudah over kuota sekitar 3% dari yang ditentukan pemerintah. Kemudian, berdasarkan data yang dimiliki, trend penyaluran LPG 3 kg mengalami peningkatan dibandingkan pada periode sebelumnya. Tren penyaluran LPG 3 kg juga menunjukkan kenaikan, dimana hingga Juni 2023 penyaluran LPG 3 kg wilayah Sumut di angka 180.907 Metrik Ton (MT).

“Dibandingkan dengan penyaluran Januari-Juni 2022 hanya sebesar 175.498 MT. Hal ini memperlihatkan bahwa Pertamina menyalurkan LPG 3 Kg dengan tren naik,” sebutnya, Senin (24/7/23).

Baca juga: LPG 3 Kg Langkah di Medan dan Harganya Mencapai Rp30 Ribu

Sementara dalam menjawab keluhan masyarakat mengenai sulit mendapatkan LPG 3 kg, pihak PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut tetap berpedoman dengan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 37.K/MG.01/MEM.M/2023 tentang Petunjuk Teknis Pendistribusian Isi Ulang Liquefied Petroleum Gas Tertentu Tepat Sasaran, akan diterapkan subsidi tepat LPG 3 kg.

“Tahapan untuk subsidi tepat LPG 3 kg ini sedang berjalan saat ini. Seperti registrasi dan verifikasi pangkalan untuk implementasi program subsidi tepat LPG 3 Kg. Tahapan registrasi sudah berlangsung sejak pertengahan Juli 2023 dan ditargetkan selesai di akhir Juli 2023,” jelasnya.

Ditambahkannya,saat ini jumlah pangkalan yang sudah registrasi di Sumut sudah mencapai 70% dari 13 ribu

Adapun proses registrasi mencakup update lokasi pangkalan (Geo tagging) dan sarfas yang dimiliki pangkalan.

Baca juga: Pertamina Pastikan Tidak ada Kelangkaan LPG 3 Kg di Sumut

“Subsidi tepat LPG 3 kg akan menerapkan sistem digitalisasi yang terintegrasi dengan data keluarga penerima manfaat yang berasal dari Pemerintahan,” ujarnya dengan berharap melalui upaya ini, penyaluran LPG 3 kg dapat tepat sasaran bagi masyarakat miskin.

Baca juga: Pertamina Terus Lakukan Pendataan Subsidi Tepat LPG 3 Kg

Berdasarkan keterangan pihak PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, di wilayah Sumut dan provinsi lainnya masih banyak ditemukan sektor usaha menengah ke atas, peternakan dan jasa yang menggunakan LPG 3 kg.

Untuk itu, pada pekan ini pihaknya akan mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Daerah terkait koordinasi sistem pembelian LPG 3 kg dengan subsidi tepat.

“Kami bersinergi dengan pemerintah setempat agar melakukan pengawasan terkait penyaluran LPG 3 kg, dengan melakukan sidak-sidak ke sektor-sektor usaha yang tidak berhak mendapatkan LPG 3 kg,” tutupnya. (Anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles