10.9 C
New York
Wednesday, April 24, 2024

LLDikti Sumut Dorong Perlindungan Jamsos Bagi Dosen dan Mahasiswa

Medan, MISTAR.ID

Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah I Sumut, Prof. Saiful Anwar Matondang, mendorong pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkungan 204 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Sumut. Hal ini sebagai tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021.

Menurut Matondang, pendaftaran tenaga pendidik dan mahasiswa magang di PTS tersebut diharapkan dapat berjalan sukses. Ia menyambut baik kerjasama antara BPJS Ketenagakerjaan dengan LLDIKTI Wilayah I untuk melindungi dosen dan mahasiswa dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Kami berharap agar seluruh perguruan tinggi, dunia kampus, dan kepegawaian pendidik, bahkan para mahasiswa magang dapat terlindungi dalam jaminan sosial ketenagakerjaan,” ujarnya lulusan Magister dari University Of Hawaii, Manoa itu, Sabtu (27/1/24).

Baca juga: LLDIKTI Wilayah I Terima Keberatan 6 Mahasiswa Unika yang Diberhentikan

LLDIKTI meminta pimpinan PTS menjalin kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk mendapatkan dosen, tenaga magang, dan mahasiswa KKN yang terlindungi dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Matondang menegaskan, pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan di lingkungan universitas, baik bagi tenaga pendidik, administrasi, maupun mahasiswa yang sedang melakukan magang. Ia berharap agar pemimpin PTS dapat menindaklanjuti di lapangan untuk melindungi dosen dan mahasiswa.

Wakil Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Dr. Sanco Simanullang menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada LLDIKTI atas dukungan terkait pelaksanaan Inpres No 2 Tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di dunia kampus.

Sanco menyoroti risiko yang dihadapi oleh dosen dan mahasiswa magang terkait kecelakaan kerja dan kematian saat melaksanakan tugas. Karena itu, ia meminta dukungan dari LLDIKTI untuk menindaklanjutinya ke dunia kampus.

Ke depannya, BPJS Ketenagakerjaan berencana bergabung bersama LLDIKTI Wilayah I untuk melaksanakan sosialisasi kepada perguruan tinggi swasta se-Sumatera Utara. Sanco juga mengajak perguruan tinggi untuk melibatkan BPJS Ketenagakerjaan dalam berbagai kegiatan kampus, seperti penerimaan mahasiswa baru, seminar, wisuda, dan kegiatan lainnya. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles