22.2 C
New York
Monday, April 29, 2024

Lima Nama Komisioner KIP Terpilih Segera Dikirim ke Gubsu

Medan, MISTAR.ID

Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRD Sumut) bersama Dinas Komunikasi Informatika (Kominfo) Sumut, resmi mengumumkan lima nama calon anggota Komisi Informasi Publik (KIP) Sumut yang terpilih.

Hal ini diungkapkan Ketua Komisi A Hendro Susanto pada wartawan usai menyampaikan nama-nama tersebut pada Dinas Kominfo Sumut, Rabu (1/12/21), di Gedung DPRD Sumut.

“Alhamdulillah telah selesai kita tuntaskan. Di mana prosesnya sudah terbuka. Maksudnya terbuka untuk publik tidak ada yang ditutupi,” sebutnya. Memang diakuinya, dalam memilih lima nama calon anggota KIP periode 2021-2025 tidak mudah, ada dinamika.

Baca Juga:KIP Gelar Sidang Sengketa Hasil Tes Wawasan Kebangsaan KPK Novel Baswedan Cs

Di mana, sebagian menginginkan adanya pemilihan secara musyawarah mufakat dan sebagian lain meminta dilakukan pemilihan secara terbuka.

“Selama ini, pemililihan ada dua model ada musyawarah mufakat atau voting, kemarin dinamika luar biasa, biar ada keberagaman ternyata gak bisa, jadinya kita ambil jalan tengah yakni musyawarah mufakat. Kalau voting terbuka pilihannya iya atau tidak, kalau ini kan kita pilih nama, kelaziman pilih nama itu tertutup, ke bilik suara dan kotak suara,” jelasnya.

Dikatakannya lagi, dari hasil tersebut telah diperoleh lima nama calon anggota KIP Sumut periode 2021-2025 terpilih yakni, Cut Alma, Edy Syahputra, Abdul Haris,  Muhammad Syafii Sitorus, dan Dedy Ardiansyah.

Baca Juga:KIP Sumut, Wahana Mengakses Informasi Publik

“Inilah penetapan lima nama Komisioner KIP untuk 2021-2025. Selanjutnya kita mengambil suara nomor 6 sampai 15. Nama-nama mereka sebagai cadangan kalau seandainya di antara lima orang ini ada berhalangan tetap misalnya meninggal atau maju dalam pencalegan atau dia punya tugas yg lain. Sehingga akan digantikan pada nomor 6 hingga 15 jadi ini sudah menjadi keputusan di Komisi A. Jadi sudah clear ya.  Insyaallah prosesnya sangat demokrasi dan musyawarah mufakat,” bebernya, seraya mengucapkan terima kasih pada Dinas Kominfo Sumut yang sudah menjadi sahabat baik untuk Komisi A.(anita/hm10)

 

Related Articles

Latest Articles