13.9 C
New York
Monday, September 9, 2024

Lima Kasus Dugaan Pembunuhan di Polres Pelabuhan Belawan Belum Terungkap

Medan, MISTAR.ID

Sebulan berlalu, pembunuhan M. Rasyid (17) yang tewas saat tawuran di Kelurahan Belawan Satu, Kecamatan Medan Belawan, belum tertangkap. Padahal, sebelumnya Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Belawan AKP Rifi Noor Faizal Tombolotutu mengaku sudah mengetahui identitas pelaku.

Selain kasus yang menimpa Rasyid, ada empat lagi yang masih belum tuntas. Pertama, kasus penembakan dan pembunuh terhadap Rio Fahrezi (17), warga Kelurahan Belawan Dua, pada 17 Januari 2024 jug belum tertangkap.

Peristiwa terhadap Rio terjadi ketika AKBP Janton Silaban baru menjabat sebagai Kapolres Pelabuhan Belawan Pelaku dan pelakunya diduga oknum polisi.

Baca juga:Kapolres Pelabuhan Belawan Mendadak Periksa Senjata dan Urine Personel

Kedua, kasus dugaan pembunuhan lain yang masih misterius adalah kematian seorang wanita Rusmiati (52) warga Jalan Mawar Dusun 2 Desa Helvetia, Kecamatan Labuhandeli, Kabupaten Deli Serdang yang terjadi pada Jumat (8/12/2024).

Polisi telah menyita CCTV dari lokasi kejadian dan Kapolres Pelabuhan Belawan AKBP Janton Silaban yang dihubungi via telepon saat itu, mengaku pihaknya masih melakukan penyidikan dan pengejaran terhadap pelaku.

Ketiga, kasus penemuan mayat di kawasan pinggir Jalan Tol Martubung, (17/3/2024) yang belum juga terungkap. Korban bernama Swis Susanto, warga Titi Pahlawan, Kelurahan Rengas Pulau, Kecamatan Medan Marelan.

Baca juga:Polres Pelabuhan Belawan Akan Ekshumasi Jasad Remaja Korban Tawuran

Swis Susanto diduga korban pembunuhan karena saat ditemukan tergeletak di pinggir jalan dalam kondisi pada kepala mengalami luka dan kuping mengalami pendarahan.

Keempat, kasus pembunuhan joki balap liar di depan SPBU, Jalan KL Yos Soedarso, Martubung, Kelurahan Besar. Walau belasan orang telah diperiksa dan dimintai keterangan sebagai saksi oleh polisi, tetapi belum yang jadi tersangka.

Terkait lima deretan dugaan kasus pembunuhan yang belum terungkap itu, membuat Polres Pelabuhan Belawan dan jajaran mendapat sorotan negatif dari praktisi hukum Rion Arios.

Baca juga:Sopir Truk Kerap Kena Pungli, Polres Pelabuhan Belawan Tangkap Dua Pria

“Kalau semua kasus pembuahan itu bisa terungkap dan pelakunya ditangkap maka citra polisi akan terangkat,” katanya.

Ditambahkan, keberhasilan Polres Pelabuhan Belawan mengungkap semua “utang” pembunuhan akan menimbulkan kepastian hukum dan keluarga korban bahagia.

“Sedangkan, jika pembunuhan tidak terungkap maka pelaku kejahatan tidak takut untuk membunuh korbannya dan menimbulkan keraguan masyarakat akan kinerja petugas Polres Pelabuhan Belawan beserta jajaran,” ujar pria kelahiran Belawan, itu. (kamaluddin pasaribu/hm17)

Related Articles

Latest Articles