8.1 C
New York
Monday, October 28, 2024

Kuota Penumpang Mudik Bareng Pemko Medan Bertambah 60 Orang

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Iswar Lubis mengatakan, total kuota penumpang yang ikut dalam Mudik Bareng Pemko Medan 2024 sebanyak 6.060 penumpang.

Jumlah tersebut sudah final dan tiket telah dibagikan secara resmi ke seluruh penumpang.

“Memang target kita awalnya 6.000 penumpang, namun antusias masyarakat sangat tinggi, sehingga kuotanya sedikit berlebih,” ucap Iswar, pada Selasa (2/4/24).

Baca juga:Mudik Gratis Polda Sumut Jalur Jakarta-Medan, Ini Syaratnya

Dikatakan Iswar, untuk pemberangkatan Mudik Bareng Pemko Medan 2024 akan dilakukan mulai tanggal 6-8 April 2024 di Jalan Masjid Raya sekira pukul 14.00 WIB.

“Total ada 179 unit bus yang kita siapkan untuk membawa para penumpang pulang ke kampung halamannya. Kami ingatkan juga para penumpang agar hadir di lokasi sebelum waktu yang ditentukan, sebab akan ada pembagian seragam, snack dan makanan untuk makan malam,” katanya.

Dijelaskan Iswar, pada pemberangkatan pertama tanggal 6 April 2024, pihaknya memberangkatkan sebanyak 2.278 penumpang dengan menumpangi 66 bus. Sementara pada tanggal 7 April sebanyak 1.582 penumpang dengan 48 bus.

“Di hari terakhir kita memberangkatkan sebanyak 2.200 penumpang dengan 65 bus. Saya ingatkan kepada para penumpang agar hadir di lokasi sebelum waktu yang ditentukan,” jelasnya.

Baca juga:Antisipasi Kemacetan Mudik Lebaran 2024, Korlantas Polri Kerjasama dengan Google Maps

Selain itu, sambung Iswar, pada tanggal 4 April 2024 nanti pihaknya juga akan melaunching 1 unit bus pariwisata yang nantinya akan beroperasi secara gratis di Kota Medan.

“Bus pariwisata itu merupakan hasil kolaborasi Pemko Medan dengan Bank Sumatera Utara (Sumut), jadi pengadaannya tidak menggunakan APBD. Ini kita lakukan agar masyarakat yang merayakan Lebaran Idul Fitri di Kota Medan bisa berkeliling-keliling ke lokasi wisata,” sebutnya.

Iswar mengungkapkan, bus pariwisata itu nantinya memiliki rute tujuan ke semua lokasi wisata di Kota Medan, seperti Tjong A Fie, Pos Bloc, Istana Maimun, Masjid Raya dan lainnya.

“Bus juga akan dilengkapi dengan pemandu, jadi masyarakat tidak perlu khawatir kebingungan. Wisatawan yang datang ke Kota Medan juga bisa memanfaatkan bus gratis ini,” tukasnya. (rahmad/hm16)

Related Articles

Latest Articles