Thursday, February 6, 2025
logo-mistar
Union
MEDAN

Kunjungan Tertinggi Perpustakaan Online, BPS Sebut Layanan Penjualan Data Mikro Statistik 2024

journalist-avatar-top
By
Thursday, February 6, 2025 12:39
37
kunjungan_tertinggi_perpustakaan_online_bps_sebut_layanan_penjualan_data_mikro_statistik_2024

BPS Sumut berikan pelayanan kepada pengunjung (f:amita/mistar)

Indocafe

Medan, MISTAR.ID

Badan Pusat Statistik (BPS) ungkap perpustakaan online menjadi yang terbanyak dikunjungi pada layanan penjualan data mikro statistik tahun 2024 lalu, yakni 288.421 kunjungan.

"Perpustakaan ini gratis, tapi bukan hanya itu, pelayanan yang lain juga gratis. Tapi untuk mengambil publikasi atau yang lain sepertinya lebih banyak perpustakaan," kata Statistik Ahli Muda, Aida Meimela Sitorus kepada Mistar di Kantor BPS Sumut, Jalan Asrama No.179, Dwikora, Kecamatan Medan Helvetia, Kamis (6/2/25)

Data per Januari 2025, pengakses perpustakan online ada yang datang langsung ke perpustakaan. Dalam seminggu lebih dari tiga orang.

"Kebanyakan mahasiswa dan dinas, itu yang datang langsung ya. Kalau yang online ada juga, tapi saya belum bisa memperkirakan jumlah pengunjung berapa," ujarnya.

Untuk diketahui, BPS telah mengubah nama layanan penjualan data mikro statistik menjadi penjualan produk statistik berbayar.

"Karena ada perubahan nama jadi tetap harus kami lakukan Focus Group Discussion (FGD)," tuturnya.

Aida menjelaskan bahwa banyak orang yang minta data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) dan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas).

"Cukup banyak, baik itu dari PDDIKTI ataupun mahasiswa juga banyak yang meminta itu," lanjutnya.

Sambungnya, ada empat layanan di Pelayanan Statistik Terpadu (PST), yaitu perpustakan yang dapat datang langsung.

"Perpustakan bisa datang langsung dan bisa juga digital melalui website pst.bps.co.id. Ada juga layanan penjualan produk statistik berbayar yaitu penjualan data mikro, penjualan peta wilayah wilkerstat, atau pun publikasi dalam bentuk softcopy," jelasnya.

Kemudian, ada konsultasi statistik di mana konsumen dapat datang untuk bertanya terkait data.

"Boleh datang untuk bertanya ini datanya seperti apa, mekanikalnya seperti apa, boleh juga bertanya kepada kami nanti akan diberikan penjelasan," paparnya.

Tambahnya, pelayanan selanjutnya adalah rekomendasi statistik yang biasanya digunakan oleh dinas.

"Untuk dinas-dinas atau instansi-instansi yang mau menyelenggarakan kegiatan statistik, boleh meminta rekomendasi kepada kami. Misalnya mau membuat survei seperti apa, nanti kami akan membuat rekomendasi terkait kegiatan, jadwal, dan sebagainya," tambahnya.

Keempat layanan tersebut, sambungnya, dapat diakses lewat website pst.bps.co.id, akan ada menu di setiap layanan yang dibutuhkan konsumen. (amita/hm17)

journalist-avatar-bottomRedaktur Patiar Manurung

RELATED ARTICLES