16.4 C
New York
Monday, April 29, 2024

Koneksi Wi-Fi Anda di Rumah Melambat, Ini Mungkin Salah Satu Penyebabnya

Medan, MISTAR.ID

Jika anda berurusan dengan koneksi Wi-Fi yang bermasalah selama beberapa waktu, kemungkinan salah satu dari 10 faktor berikut ini menjadi penyebabnya.

Namun, sebelum membuat keputusan mendadak –seperti meruntuhkan dinding atau yang lainnya–periksa dulu layanan provider internet anda untuk memastikan tidak ada gangguan lokal, atau apakah anda bisa melakukan upgrade.

1. Perangkat Bluetooth

Perangkat nirkabel seperti headset, keyboard dan speaker dapat mengganggu sinyal Wi-Fi. Ini karena, Wi-Fi dan Bluetooth menggunakan frekuensi yang sama, sehingga dapat mengganggu keduanya. Secara umum, terlalu banyak perangkat pintar di satu jaringan dapat sangat memperlambatnya.

Baca Juga: 20 Daftar iPhone yang Tak Dapat Pembaruan iOS 17

2. Sinyal Radio

Sama halnya dengan sinyal Bluetooth, gelombang radio juga dapat mengganggu koneksi internet. Jadi pemantau bayi, walkie talkie, atau bahkan alat penunjuk radio dapat menjadi penyebab gangguan Wi-Fi, karena perangkat-perangkat itu juga memancarkan sinyal yang mengganggu router anda.

3. Televisi

Ini mungkin adalah penyebab paling umum melemahnya sinyal Wi-Fi. Sebaiknya, jauhkan router Anda dari televisi.

4. Air
Air dapat memblokir sinyal Wi-Fi. Jadi, jika Anda memiliki tangki ikan besar, akuarium, atau bahkan pemanas lantai–semuanya ini dapat melambatkan kecepatan internet anda.

5. Oven Microwave

Oven microwave menggunakan gelombang elektromagnetik untuk menghangatkan makanan. Dan meskipun oven mini ini sudah tertutup dengan baik, ada beberapa gelombang yang bocor yang dapat mengganggu koneksi internet anda. Tetapi jangan khawatir, gelombang itu tidak cukup kuat untuk menyebabkan kerusakan pada manusia.

Related Articles

Latest Articles