23.8 C
New York
Monday, July 15, 2024

Ketua IDI Sumut Tak Keberatan Dokter Asing ke Indonesia: Harus Bisa Kolaborasi

Medan, MISTAR.ID

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumut, dr Ramlan Sitompul, mempersilahkan dokter asing datang ke Indonesia. Ia mengaku tidak keberatan dengan kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) ingin mendatangkan dokter asing ke Tanah Air.

“Mau rame-rame kita (para dokter) di sini (Indonesia) juga silahkan. Tentu kita senang-senang saja jika mereka (dokter asing) membantu masyarakat kita,” tuturnya saat dihubungi Mistar.id, Senin (15/7/24) siang.

Wacana mendatangkan dokter asing pula bukan hal yang mengejutkan bagi dr Ramlan, yang terpenting bisa berkolaborasi.

“Itu bukan hal yang mengagetkan dan aku pikir itu bukan hal yang masalah sekali. Artinya harus bisa kolaborasi dan kami juga mengikuti apa yang sudah diarahkan saja,” katanya.

Baca juga: Soal Impor Dokter Asing, Pengamat Sosial: Perlu Peninjauan Kembali

Ia berpendapat, bahwa dokter di Indonesia memiliki ilmu dengan standar internasional. Karena itu, dr Ramlan berharap, jangan sampai standar dokter asing yang akan datang di bawah dokter Indonesia.

“Dokter-dokter Indonesia juga ilmunya sudah standar internasional. Dokter asing yang datang juga harus berstandar internasional, jangan di bawah standar kita,” tegasnya.

“Beda penyakit tropis dengan misalnya penyakit Timur Tengah, Amerika, China. Jangan sampai kita mengajari mereka lagi terkait penyakit di Indonesia ini,” sambungnya.

dr Ramlan tidak berharap terlalu jauh. Ia hanya menginginkan bahwa dokter Indonesia dan asing nanti bisa berkolaborasi dengan baik di negara ini. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles