11.1 C
New York
Wednesday, February 28, 2024

Kelangkaan LPG 3 Kg, KPPU Akan Kumpulkan Data Seluruh Kanwil

Medan, MISTAR.ID

Pasca memanggil pihak Pertamina dengan adanya kelangkaan LPG 3 kg di Medan dan Deliserdang, KPPU Kanwil I tengah mengumpulkan data dari seluruh Kantor Wilayah (Kanwil). Sebab, tidak hanya dua wilayah itu saja. Pihaknya juga mendapat info ada kelangkaan hingga Aceh. Dikatakan Kepala Kanwil I KPPU, Ridho Pamungkas data yang dikumpulkan dan dibaca secara nasional.

“Kita mau baca secara nasional karena terjadi kelangkaan tidak hanya Medan dan Deliserdang saja. Tapi sampai Aceh juga ada kelangkaan. Dari wilayah lain juga melaporkan kasus yang sama,” kata Ridho pada mistar.id, Rabu (2/8/23).

Kembali dijelaskan Ridho bahwa dari hasil pemanggilan pihak pertamina ke Kantor KPPU Kanwil I beberapa waktu lalu bahwa dari data yang diperoleh ada pengurangan pasokan pada Juni dibanding bulan Mei.

Baca juga: Kelangkaan LPG 3 Kg, KPPU: Kemungkinan Ada Praktek Persaingan Tidak Sehat

“Jadi Mei ke Juni itu berkurang. Itu kan menjelang Hari Raya Idul Adha. Jadi, mungkin pasokan berkurang sementara permintaan naik. Jadi muncul kelangkaan itu yang berlangsung sampai sekarang. Bisa jadi karena efek itu banyak yang semestinya dari agen ke pangkalan dan pangkalan ke konsumen. Cuma masalahnya banyak mengambil stok untuk di jual lagi karena harga tinggi,” jabarnya.

Bisa juga, sambung Ridho, ada dugaan dari pangkalan yang jual ke eceran itu ada yang lari ke pengoplos dalam jumlah besar. Terbukti ada kelangkaan dan Polda Sumut sudah menemukan barang bukti dan tersangka.

“Jadi, terkait adanya penemuan dari Polda bisa jadi karena harga tinggi. Ini perbedaan harga antara subsidi dan non subsidi yang menimbulkan penyelewengan. Salah satunya pengoplosan. Kita curiga itu ya. Faktanya di lapangan adanya kelangkaan, tapi ini ranahnya sudah pidana. Jadi pengawasannya sudah bukan KPPU lagi kalau pidana. Lebih ke pihak penegak hukum. Kita apresiasi telah menemukan pengoplosan ini,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles