19.9 C
New York
Wednesday, October 2, 2024

Kebutuhan Sekolah Meningkat, Pegadaian Swasta Banyak Diserbu Nasabah

Medan, MISTAR. ID

Memasuki ajaran baru 2023/2024, perusahaan pegadaian milik PT. Dotri Gadai Jaya, kian ramai dikunjungi masyarakat, termasuk mahasiswa yang menjaminkan aneka barang untuk mendapatkan uang tunai, guna membiayai kebutuhan awal masuk sekolah dan kuliah.

Salah satu pegawai PT. Dotri Gadai Jaya, Salam Lase mengatakan, 2 bulan terakhir ini,banyak sekali warga dan mahasiswa yang meminjam uang ke PT. Dotri Gadai Jaya. Fenomena ini meningkatkan pendapatan mereka sekitar 12 persen dari biasanya.

“Mereka meminjam uang rata-rata untuk kebutuhan biaya anaknya masuk sekolah,” ucap Salam Lase kepada Mistar. Id, Jumat (14/7/23) di tempat Pegadaian di Jalan William Iskandar, Kecamatan Medan Tembung.

Baca juga: Butuh Dana Pendidikan Jelang Ajaran Baru, Nasabah Banyak Gadaikan Emas ke Pegadaian

Ia mengatakan,sebagian masyarakat yang meminjam uang tunai ke Pegadaian ini, berasal dari masyarakat kalangan menengah ke bawah. Hal ini terbukti barang yang mereka jaminkan pada umumnya adalah barang perhiasan atau barang elektronik.

Sedangkan masyarakat kalangan menengah ke atas yang memanfaatkan jasa Pegadaian dalam mendapatkan uang tunai, mereka biasanya menjaminkan sepeda motor atau mobil.

Saat situasi memasuki tahun ajaran baru seperti ini, bukan hanya dari kalangan masyarakat saja yang datang ke tempat pegadaian seperti ini.

Baca juga: Pegadaian Siantar Punya Produk Aneka Jasa Pembiayaan

“Banyak mahasiswa yang menggadaikan barangnya di sini, seperti laptop, HP Android untuk mendapatkan uang tunai dalam memenuhi kebutuhan biaya kuliahnya, “ungkapnya.

Dikatakan lagi, PT. Dotri Gadai Jaya menerima beberapa jenis barang saja yang bisa jadi jaminan, seperti emas, berlian, laptop, Hp android, camera digital, sepeda motor, mobil dan infocus.

Untuk menggadaikan sepeda motor dan mobil, ada ketentuan jenis tahun pembuatannya, harus dari tahun 2012 sampai 2023 atau tergantung pada kondisi fisik kendaraannya. Selain itu wajib juga surat-surat kendaraannya dilengkapi dan diserahkan atau dititipkan di sini,” ujarnya.

Baca juga: Transaksi Uang Tunai Diberhentikan, Nasabah Pegadaian Cemara Mengeluh

Untuk proses pencairan, dana tunainya tidak memerlukan banyak waktu. Cukup hanya datang saja ke tempat pegadaian ini, bawa KTP sebagai persyaratan ringan untuk mengenal identitasnya dan barang yang mau digadaikan.

“Tidak menunggu lama dananya cair langsung dalam jangka beberapa menit,” tutupnya. (saferius/hm17)

Related Articles

Latest Articles