11.5 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Kapolres Dairi Diduga Aniaya Dua Anggotanya, Kompolnas: Bid Propam Harus Sigap

Medan MISTAR.ID

Terkait tindakan kekerasan fisik yang diduga dilakukan Kapolres Dairi, AKBP Reinhard Nainggolan terhadap kedua anggotanya, mengundang perhatian Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).

Komisioner Kompolnas, Poengky Indarti mengatakan pihaknya sangat menyayangkan terkait tindakan tersebut. Poengky mengatakan, Bidang Propam Polda Sumut harus bergerak cepat terkait permasalahan tersebut.

“Jika benar ada tindak kekerasan yang diduga dilakukan Kapolres Dairi kepada anggotanya, Bid Propam Polda Sumatera Utara harus langsung sigap menangani hal ini,” tegas Poengky kepada mistar.id Selasa (29/8/23) siang via WhatsApp.

Baca juga: Kapolres Dairi Diduga Aniaya Anggota, Ini Tanggapan Polda Sumut

Dikatakan Poengky lagi, pihak Kompolnas belum mengetahui secara pasti terkait permasalahan tersebut. Ia juga menduga ada kesalahan dari Personel Polri sehingga pimpinannya melakukan tindakan seperti itu.

Meskipun demikian, Poengky sebut penggunaan kekerasan seharusnya tidak dipertontonkan oleh pimpinan kepada anggota. Tindakan menempeleng dan memukuli anggota tersebut menunjukkan masih adanya praktek militeristik warisan orde baru yang tidak layak diterapkan di Kepolisian pasca Reformasi

“Jadi jika anggota salah, masih ada cara pembinaan yang humanis yang dapat dilakukan pimpinan. Seperti, teguran dan hukuman yang mendidik,” ujarnya lagi.

Baca juga: Kapolres Asahan Datangi Rumah Duka Istri dari Personil Polres Asahan

Diberitakan sebelumnya, dua orang personel Polri aktif yang bertugas di Kepolisian Resor (Polres) Dairi menjalani perawatan medis. Kedua anggota Polri tersebut dirawat karena diduga mendapat tindakan kekerasan fisik yang dilakukan oleh atasannya. (Matius/hm20)

Related Articles

Latest Articles