28.6 C
New York
Tuesday, July 16, 2024

Kadishub Sumut Bantah Terminal Lubuk Pakam Tutupi Akses Jalan Warga

Medan, MISTAR.ID

Polemik dugaan pembangunan terminal Lubuk Pakam yang menutupi akses jalan warga sekitar dibantah Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Sumatera Utara (Sumut), Agustinus.

Dia memastikan tidak pernah melakukan penutupan terhadap akses jalan warga di sekitar Terminal yang berada di Jalan Raya Medan, Kecamatan Lubuk Pakam tersebut. “Jadi sebenarnya ini sudah clear. Bukan kita tutup akses warga, tidak pernah kita tutup akses warga,” ujarnya, Jumat (24/5/24).

Agustinus mengatakan, pembangunan renovasi terminal Lubuk Pakam sudah sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI yang berlaku.

“Jadi begini ceritanya, lahan terminal (Pakam) kita kan perbatasan langsung dengan lahan warga, khususnya di sisi kanan dan belakang, nah ketika kita mau membangun, tentu kita sesuai ketentuan dan peraturan Menteri bahwa lingkungan daerah kerja terminal itu harus terpisah dengan aktivitas lain supaya aspek keselamatan dan keamanan terjaga,” ungkapnya.

Baca Juga : Kadishub Sumut Tegaskan Angkutan Umum Plat Hitam Ilegal

Dirinya menuturkan, polemik terjadi ketika pihaknya ingin melakukan penembokan terminal ditemukan pula pagar rumah warga yang sudah berada tepat di samping tembok terminal.

“Ketika mau kita tembok, mau dipagari ternyata mereka (warga) sudah maju, langsung pagar rumah, artinya kita pagar saja tembok kita itu mereka tidak bisa keluar lagi, tidak keluar ke belakang, jadi selama ini mereka mengandalkan terminal itu menjadi akses keluar masuk mereka dari rumah,” tuturnya.

Meski begitu, Agustinus mengatakan hal itu sudah dapat diselesaikan dan dalam waktu dekat akan segera melakukan pembangunan lahan parkir terminal.

“Jadi kemarin itu karena terminal ini bukan hanya untuk kepentingan kami, juga untuk masyarakat, akhirnya kami kasihkan space (jarak) selebar 3 meter untuk akses warga yang mana itu masih sebagai aset kami, karena tidak kami serahkan, tapi bisa dipakai masyarakat, jadi dalam waktu dekat akan kami bangun pagar dan perbaiki lahan parkir, tapi semua sudah clear,” pungkasnya. (iqbal/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles