23.1 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Kabupaten Samosir, Toba dan Simalungun Hadapi Kasus Gigitan Hewan Penular Rabies Tertinggi di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Kasus gigitan hewan penular rabies masih menjadi perhatian di Sumatera Utara (Sumut). Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumut, pada tahun 2023 ada sebanyak 4.458 kasus.

Adapun kasus terbanyak gigitan hewan penular rabies itu berada di Kabupaten Samosir, kemudian menyusul daerah Kabupaten Toba dan Simalungun.

Berdasarkan jumlah perkara itu, Kepala Dinas Kesehatan Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan kembali meminta seluruh masyarakat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya melakukan vaksi terhadap hewan peliharaannya, seperti anjing, kucing dan lainnya.

Baca juga: Lima Kabupaten di Sumut Catatkan Kasus Positif Rabies

“Kasus rabies ini sebenarnya tidak bisa dituntaskan oleh Dinas Kesehatan Provinsi saja, tapi ini akan bisa kita tuntaskan kalau masyarakat juga mau ikut bekerja sama,” ujarnya dalam acara Refreshing dan Updating Kapasitas Petugas Pengelola Program Rabies, Kamis (27/7/23).

Ia juga dengan tegas menyampaikan, salah satu cara mencegah penularan rabies ini adalah tidak memelihara hewan yang tergolong rentan sebagai penular rabies apalagi hewan peliharaan ini belum divaksin. (anita/hm17)

Related Articles

Latest Articles