21.2 C
New York
Tuesday, May 21, 2024

Jalur Wisata pada Malam Tahun Baru Lancar

Medan, MISTAR.ID – Ditlantas Polda Sumut menurunkan tim urai kemacetan di jalur wisata berastagi pada malam pergantian tahun 2020. Alhasil arus lalulintas di perlintasan itu lancar.

“16 personel itu terdiri dari 8 personel dari Polres Tanah Karo dan 8 personel dari Polrestabes Medan,” kata Direktur Ditlantas Polda Sumut Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin, Rabu (1/1).

Biasanya, kata pria dengan melati tiga dipundaknya ini, kemacetan arus lalin saat malam pergantian tahun bisa terurai sekitar pukul 05.00 WIB pagi.

“Pertama kita buat tim urai yang menggunakan sepeda motor dan terdiri dari 16 personel lantas. Tugas mereka untuk melakukan penguraian apabila terjadi kepadatan volume kendaraan,” kata Yamin.

Dalam kasus kepadatan volume kendaraan di jalur wisata Brastagi dan Danau Toba pihaknya melibatkan empat Polres, masing-masing Polres Tanah Karo dan Polres Langkat untuk urusan Brastagi dan Polres Siantar dan Polres Simalungun untuk gawean Danau Toba.

“Jadi keempat Polres ini, masing-masing personel lantasnya melakukan pengaturan dan penguraian saat kemacetan terjadi,” ujarnya.

Biasanya, akunya, kepadatan volume kendaraan terjadi di jalur wisata seperti Brastagi dan Danau Toba kalau ada kendaraan yang mogok dan bencana alam seperti longsor.

“Makanya, selain tim urai, pihaknya juga menyiagakan mobil derek yang standby dibeberapa titik seperti di dekat pos pelayanan dan pos pengamanan yang ada di jalur wisata Brastagi dan Danau Toba,”terangnya.

Mengenai apakah ada terjadi kepadatan volume kendaraan saat perayaan malam pergantian tahun, Yamin mengutarakan selama tidak ada perubahan arus lalulintas dan jalur alternatif, situasi lalin lancar.

“Tidak ada jalur alternatif yang dilewati pengendara saat perayaan malam pergantian tahun ini,”ungkapnya.

Ia mengaku memang Ops lilin Toba 2019 akan berakhir pada Rabu (1/1). Namun pihaknya akan terus melakukan pengaturan di jalur wisata sampai pada Minggu (5/1).

“Kita melakukan hal itu, untuk mengantisipasi arus balik, mengingat saat merayakan malam pergantian tahun, banyak masyarakat yang ke Brastagi dan Danau Toba,” ujarnya. (Saut)

Related Articles

Latest Articles