28.5 C
New York
Tuesday, June 18, 2024

TPPS Gencar Turunkan Angka Stunting di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Sumatera Utara (Sumut) gencar berupaya mencapai target prevalensi stunting 14 persen. Sejauh ini, prevalensi stunting di Sumut berdasarkan Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023 sebesar 18,9 persen.

Hal ini dikatakan Kepala Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sumut, Munawar Ibrahim mengatakan penyelenggaraan Rapat Koordinasi (rakor) Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Tingkat Provinsi Sumut menjadi sangat penting dan strategis. Hal ini mengingat pada Oktober mendatang akan dilakukan evaluasi RPJM Nasional 2020-2024.

“Ini (rapat koordinasi) merupakan titik paling krusial. Artinya, ini akan menentukan posisi Provinsi Sumatera Utara, baik secara nasional, provinsi maupun kabupaten/kota. Dengan kata lain, menentukan posisi kita tersebut bahwa pelaksanaan evaluasi akhir pencapaian percepatan penurunan stunting sesuai dengan RPJM Nasional 2020-2024,” ujar Munawar pada Rakor TPPS Tingkat Provinsi Sumut tahun 2024 di Hotel Santika Dyandra Medan, Selasa (21/5/24).

Baca juga : Pj Gubernur Optimis Tekan Angka Stunting di Sumut

Menurut Munawar, waktu pelaksanaan kegiatan percepatan penurunan stunting hanya tinggal beberapa bulan.

“Kalau dihitung sejak hari dan bulan ini, kita hanya punya waktu untuk melaksanakan seluruh rangkaian kegiatan program dan kegiatan percepatan penurunan stunting hanya tinggal 4 bulan lagi yaitu Juni, Juli, Agustus dan September,” ujarnya.

Pertanyaan paling penting, lanjutnya, paling krusial dalam konteks seperti ini adalah, mampukah Provinsi Sumatera Utara mencapai prevalensi stunting di angka 14 persen.

Related Articles

Latest Articles