16.8 C
New York
Tuesday, May 14, 2024

Ini Fadhillah Sholat Tarawih Hari ke-1 sampai 30

MISTAR.ID
Salah satu kegiatan di bulan Ramadhan yang tidak kalah pentingnya adalah melaksanakan sholat tarawih. Baik dilakukan secara berjemaah maupun sendiri. Pada bulan ramadhan, kegiatan ini tak pernah absen dilakukan di masjid-masjid.

Hadits tentang pahala Tarawih tiap malamnya tersebut bersumber dari Kitab Durratu an-Nasihin yang ditulis oleh ulama Syaikh al-Khaubawihi. Dalam kitab tersebut, terdapat penjelasan Rasulullah SAW terkait keutamaan tiap salat Tarawih yang diutarakan oleh sahabatnya, Ali bin Abi Thalib RA.

Kemudian, Rasulullah SAW menyebutkan fadhilah salat Tarawih tiap malamnya dari malam ke-1 hingga malam ke-30. Berikut rincian selengkapnya yang bisa anda simak.

Isi Hadits Pahala Tarawih Hari ke-1 sampai 30

1. Fadhilah malam pertama keluarlah dosa bagi orang mukmin (yang melakukan Tarawih) sebagaimana ibunya melahirkan ia di dunia.

2. Fadhilah malam yang ke-2 ini, orang yang melaksanakan salat Tarawih akan diampuni dosanya dan dosa kedua orang tuanya jika keduanya mukmin

3. Fadhilah malam ke-3 ini, malaikat di bawah Arasy berseru mulailah melakukan amal kebaikan (salat Tarawih) maka Allah akan mengampuni dosamu.

4. Fadhilah malam yang ke-4, barang siapa yang melakukan salat Tarawih dapat pahala sebagaimana pahala orang yang membaca kitab Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur’an.

5. Fadhilah malam yang kelima, Allah memberikan pahala bagi yang tarawih sebagaimana pahalanya orang yang salat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa.

6. Fadhilah malam keenam, Allah memberikan pahala pada yang bertarawih sebagaimana pahalanya orang yang thawaf di Baitul Makmur dan setiap batu dan tanah memintakan ampunan pada-Nya.

7. Fadhilah malam yang ketujuh ini, yang melakukan Tarawih seakan-akan menemui zaman Nabi Musa AS dan menolongnya dari serangan Fir’aun dan Haman.

8. Fadhilah malam ke-8 ini, Allah memberikan anugerah seperti anugerah yang diberikan kepada Nabi Ibrahim AS.

9. Fadhilah malam ke-9, orang yang Tarawih seolah-olah seperti beribadah pada Allah sebagaimana ibadahnya para nabi.

10. Fadhilah malam ke-10 ini, kepada orang yang melaksanakan Tarawih, Allah akan memberi rezeki yang lebih baik di dunia maupun akhirat.

11. Fadhilah malam ke-11 ini, orang yang melaksanakan salat Tarawih, kelak ia akan keluar dari dunia (mati) sebagaimana hari ia baru dilahirkan dari perut ibunya

12. Fadhilah malam yang ke-12 ini, saat hari kiamat datang wajah orang yang Tarawih bersinar bagaikan rembulan di malam purnama.

13. Fadhilah malam yang ke-13 ini, pada saat hari kiamat tiba orang yang melaksanakan Tarawih akan selamat dari segala macam keburukan.

14. Fadhilah malam yang ke-14 ini, malaikat akan menjadi saksi bagi yang Tarawih bahwa ia sudah melakukan salat Tarawih sehingga Allah tidak menghisabnya besok di hari kiamat.

15. Fadhilah malam yang ke-15, para malaikat dan para malaikat penyangga Arsy dan para malaikat penjaga kursi kerajaan langit akan meminta ampunan pada orang yang salat Tarawih.

16. Fadhilah malam yang ke-16, Allah akan mencatat kebebasan selamat dari neraka dan kebebasan masuk surga bagi yang Tarawih.

17. Fadhilah malam ke-17, orang yang melaksanakan Tarawih akan diberi pahala seperti pahalanya para nabi.

18. Fadhilah malam yang ke-18 ini, malaikat telah berseru (pada yang Tarawih) wahai hamba Allah, sesungguhnya Allah telah meridhaimu dan kedua orang tuamu.

19. Fadhilah malam ke-19 ini, Allah akan mengangkat derajat-derajat yang Tarawih di surga Firdaus.

20. Fadhilah malam yang ke-20 ini, barang siapa yang melaksanakan salat Tarawih akan diberi pahala seperti pahala orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholeh.

21. Fadhilah malam ke-21 ini, Allah akan membangunkan rumah di surga yang terbuat dari cahaya untuk yang melaksanakan salat Tarawih.

22. Fadhilah malam ke-22 ini, jika hari kiamat tiba maka yang melaksanakan Tarawih akan selamat dari segala bentuk kesusahan dan kebingungan.

23. Fadhilah malam yang ke-23 ini, Allah akan membangunkan kota di dalam surga barang siapa yang melaksanakan salat Tarawih.

24. Fadhilah malam ke-24, orang yang Tarawih akan memperoleh 24 doa yang mustajab/manjur.

25. Fadhilah malam yang ke-25, Allah akan menghilangkan siksa kubur dari orang yang melaksanakan Tarawih.

26. Fadhilah malam Ke-26 ini, Allah meningkatkan bagi yang melaksanakan salat Tarawih pahala selama empat puluh tahun.

27. Fadhilah malam yang ke-27 ini, di hari kiamat bagi ia yang melaksanakan Tarawih maka akan melewati jembatan (shiraathal mustaqiim) dengan mudah lagi cepat laksana halilintar menyambar.

28. Fadhilah malam ke-28, Allah mengangkat 1.000 derajat bagi yang Tarawih di dalam surga.

29. Fadhilah malam ke-29 ini, Allah memberikan kepadanya pahala seribu ibadah haji yang diterima.

30. Fadhilah malam terakhir atau malam ke-30 ini, Allah berfirman, “Makanlah buah-buahan surga, mandilah dengan air salsabil dan minumlah dari telaga kautsar, aku adalah Tuhanmu dan engkau adalah hamba-Ku.”

Itulah fadhillah sholat tarawih yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat. (MTR/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles