33.1 C
New York
Monday, June 24, 2024

Idul Adha 1445 H, Sebanyak 10.139 Hewan Kurban Akan Disembelih di Medan

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas (Kadis) Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang), Pertanian dan Perikanan Kota Medan, Gelora Kurnia Putra Ginting mengatakan, sebanyak 10.139 hewan kurban akan disembelih pada Idul Adha tahun ini.

Untuk itu, dia mengimbau masyarakat, khususnya Badan Kemakmuran Masjid (BKM) agar memastikan hewan kurban yang akan disembelih sudah bebas penyakit.

“Imbauan untuk masyarakat khususnya BKM, yang akan melaksanakan pemotongan kurban agar memastikan, persyaratan yang sudah kami berikan dan pastikan hewan kurban terbebas dari penyakit sehingga aman untuk dikonsumsi,” katanya saat ditemui di Jalan Avros, Kampung Baru, Medan Maimun, Rabu (12/06/24) sore.

Ia juga meminta masyarakat agar segera melaporkan jika melihat ada indikasi hewan kurban sakit ataupun luka.

Baca juga: Dinas Ketapang: 38 Ekor Lembu Dalam Kondisi Sehat di Pengepul Hewan Kurban Jalan Avros

“Jika melihat fisik hewan kurban itu sakit, ada tanda luka, kurang bergerak dan lainnya, bisa segera dilaporkan kepada petugas penyuluh baik tingkat lingkungan, kecamatan ataupun langsung ke petugas penyuluh pertanian kami di lapangan,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Tim Kerja Lingkungan Peternakan Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet), drh Christina Sianturi menjelaskan beberapa ciri hewan kurban yang sehat.

“Ciri-cirinya dia harus berdiri tegak, tidak pincang atau cacat. Cermin hidung sapi basah, selaput mata tidak berair, bulu tidak kusam dan lubang pencernaannya bersih berarti itu sehat,” kata kepada mistar.id. (berry/hm17)

Related Articles

Latest Articles