16 C
New York
Saturday, May 4, 2024

HUT dan Pelantikan, KSR UINSU Gandeng PMI Medan Gelar Donor Darah Sukarela

Medan, MISTAR.ID

Dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 27, sekaligus pelantikan pengurus Korps Sukarelawan (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) mengadakan donor darah sukarela dan cek kesehatan di pelataran Kampus II Aula Utama UINSU, pada Rabu (27/9/23).

Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Unit Donor Darah PMI Kota Medan.

Namun dari sebanyak 27 orang yang mendaftar sebagai calon pendonor, tidak semuanya dapat berhasil mendonorkan darahnya. Hal itu tergantung dari kriteria kondisi pendonor tersebut.

Baca juga: Meriahkan HUT Satlantas ke 68, Polres Siantar Gelar Donor Darah

Ketua KSR PMI UINSU, Nur Aisyah juga menargetkan jumlah donor darah tersebut. Dengan membagikan secara luas informasi adanya kegiatan ini melalui brosur dan media sosial (medsos).

“Ada targetnya, sekitar 50  orang yang berhasil. Tapi tidak dipatokan harus wajib terpenuhi. Jika tidak ada lagi yang mendonor, biasanya kita tutup,” ujarnya pada mistar.ID.

Alurnya, sebelum mendonor para peserta harus dicek dulu kesehatannya, mulai dari sesi tanya jawab, cek darah, hemoglobin, tensi dan golongan darah.

Pelayanan Aftap, Avina juga menjelaskan, kriteria seperti apa saja yang memenuhi syarat bagi yang ingin mendonorkan darahnya.

Baca juga: Peringati HUT Lalu Lintas, Satlantas Polres Batu Bara Gelar Donor Darah

“Usianya di atas 17 tahun pasti ya. Berat badan di atas 46 kg, tidak dalam kondisi sakit, cukup tidur tadi malam, tak minum obat-obatan, begitu juga tensi dan hemoglobin bagus,” sebutnya saat diwawancarai mistar.id.

Dari semua kriteria yang disebutkan ternyata banyak  tidak memenuhi syarat. Paling banyak karena hemoglobinnya rendah.

“Banyak tidak berhasil, mungkin karena hemoglobinnya rendah ya. Karena banyak yang perempuan. Namun banyak juga yang berhasil,” tambahnya.

Usai dilakukannya donor darah, pihak pelayanan juga memberikan himbauan pada pendonor untuk tidak melakukan aktivitas berat selama 6 jam dan mengkonsumsi banyak air minum.

Baca juga: Berbagi Demi Kemanusiaan, PanenCare Kolaborasi dengan PMI Gelar Donor Darah

Donor darah itu nantinya akan disalurkan kepada sejumlah Rumah Sakit (RS) di Kota Medan. Namun jika ada yang dari luar Kota Medan membutuhkan, darah tersebut juga dapat disalurkan.

Penyalurannya nantinya menjadi tanggung jawab dari PMI Kota Medan. (dinda/hm16)

 

 

Related Articles

Latest Articles