10.8 C
New York
Monday, May 6, 2024

Hoax, Medan Zona Kuning Virus Korona

Medan, MISTAR.ID

Informasi virus korona yang mencatut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebar di media sosial khususnya di pesan whatsapp. Pesan itu menyebutkan ada 6 kota di Indonesia ditetapkan sebagai zona kuning virus corona atau covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Alwi M Hasibuan melalui Sekretaris Dinas dr Aris Yudhariansyah menegaskan kalau informasi itu tidak benar. Ia menyebutkan, Kemenkes maupun Dinas Kesehatan Sumut, sama sekali tidak ada mengeluarkan pernyataan jika 6 kota tersebut (termasuk Medan) sebagai zona kuning covid-19.

“Dipastikan berita itu bohong,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (28/2).

Sementara itu, anggota Tim Penyakit Infeksi New Emerging dan Re-Emerging (PINERE) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan, dr Restuti Hidayani Saragih, Sp.PD, K-PTI, FINASIM, M.H.(Kes) juga mengatakan bahwa sampai saat ini Kemenkes RI tidak ada mengeluarkan peringatan terkait adanya zona kuning atau warna apapun di Indonesia terkait covid-19.

Karenanya ia meminta kepada semua pihak agar membantu melawan hoax dan menyebarluaskan informasi yang benar. “Bersama kita bisa, lawan hoax, tetap siap siaga menghadapi COVID-19,” sebutnya.

Terpisah, PIC Tim PINERE RSUP H Adam Malik dr Ade Rahmaini SpP menambahkan, jika sampai saat ini pihaknya belum ada satupun konfirmasi pasien COVID-19. Karenanya, ia mengimbau agar masyarakat tetap berpikir positif, apalagi Dinas Kesehatan sudah menyatakan bahwa informasi tersebut tidak benar.

“Yang penting tetap waspada dan jaga kesehatan. Jangan lupa tetap berdoa agar (COVID-19) tidak masuk ke Indonesia virus nya,” kata dia.

Perlu diketahui, dalam pesan itu, sebuah akun Whatsaap bernama Tony Petra JKT mengatakan bahwa, keenam Kota yang merupakan zona kuning virus corona ini masing-masing adalah Medan, Batam, Jakarta, Surabaya, Bali dan Manado.

Karenanya ia mengimbau agar menyediakan masker di rumah dan hand sanitizer. Selain itu ia meminta agar mengusahakan untuk jangan dulu ke tempat-tempat umum dan traveling.

Reporter: Saut

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles