10.3 C
New York
Monday, May 13, 2024

DPRD Minta Tirtanadi Klarifikasi, Dinkes Nilai Air PDAM Tidak Layak Konsumsi

Medan, MISTAR.ID

Air PDAM tidak layak konsumsi menjadi perhatian serius wakil rakyat. Warga Kota Medan yang sangat tergantung dengan air PDAM tentu akan terkena dampaknya jika hal ini tidak diantisipasi.

Hal ini dikatakan Wakil Ketua DPRD Medan, T Bahrumsyah, Jumat (28/2/20) terkait pernyataan Dinas Kesehatan Sumatera Utara yang menyatakan air PDAM tidak layak konsumsi. “Jangan sampai, masyarakat yang mengkonsumsi air PDAM menimbulkan efek negatif bagi kesehatannya,”katanya.

Ia pun mengimbau PDAM secepatnya menjelaskan kepada masyarakat atas statement dari Dinkes Sumut itu.

Menurutnya, dalam persoalan ini pihak PDAM semestinya bergerak cepat mengantisipasi dan mengklarifikasi pernyataan Dinas Kesehatan Sumut, agar masyarakat tidak merasa was-was dan timbul image negatif terhadap PDAM yang dipercaya dalam pengelolaan air bersih pelanggannya.

“Masyarakat pelanggan wajib tahu atas kondisi air yang selama ini dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Jika kondisi ini dianggap enteng, bisa-bisa masyarakat akan melakukan somasi kepada manajemen perusahaan air minum tersebut,” ujarnya.

Masih katanya, di Kota Medan memiliki penduduk berjumlah dua juta jiwa lebih, dan sebagian besar menggunakan air dari PDAM. Nah, untuk itu, lanjutnya, PDAM jangan hanya mengandalkan air sungai yang selama ini dilakukan. “Jika dilihat perkembangan air sungai saat ini tidak tertutup kemungkinan telah tercemar dan kotor. Mungkin, saja atas dasar itulah Dinkes mengeluarkan statementnya terhadap kelayakan air yang dihasilkan dari PDAM,” ujarnya.

Untuk itu, wakil rakyat dari Fraksi PAN ini meminta PDAM mengambil langkah dengan mengambil air dari sumber pegunungan atau perbanyak sumur bor. “Mungkin, dengan cara ini bisa menjawab statement yang dikeluarkan pihak Dinkes. Pokoknya, PDAM harus gerak cepat mengklarifikasinya,” katanya lagi.

Reporter: Wasgo

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles