21.1 C
New York
Tuesday, May 7, 2024

Pangdam I/BB Minta Maaf Atas Insiden Taput

Medan, MISTAR.ID

Panglima Kodam I/Bukit Barisan (BB) Mayjen TNI MS Fadhilla sangat menyesali insiden antara TNI-Polri di Jalan Lintas Sumatera Silangkitan Tapanuli Utara, Kamis (28/2/20) kemarin. Karena itu, sebagai pimpinan Kodam I/BB, ia meminta maaf kepada seluruh elemen masyarakat dan Polri.

“Saya sangat menyesali kejadian ini, selaku Pangdam, saya minta maaf, tidak banya kepada Polda saja tapi kepada semua masyarakat,” ucap dia didampingi Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin di Makodam I/BB, Jumat (28/2/20).

Pihak Kodam I/BB dan Poldasu sendiri telah melakukan pencegahan agar kejadian ini tidak berbuntut panjang. “Kita sudah lakukan tindakan pencegahan agar tidak membesar. Alhamdulilah sampai tadi pagi suasana sudah kondusif. Kodam mengirim Asintel, Denpom, Korem, Kodim dan Danyon setempat untuk mengendalikan situasi bersama-sama jajaran Polda,” terang dia.

Dia menyebutkan kalau insiden ini bukan dari institusi melainkan dari oknum. Karena menurut dia, TNI-Polri sudah menjaga solidaritas dan sinergitas. “Tentu kita sudah koordinasi dengan Kapolda untuk tindakan ini. Kita semua menyesali. Saya yakini ini semua karena oknum bukan institusi. Secara institusi seharusnya dan kewajiban kita menjaga solidaritas dan sinergitas,” kata dia.

Lanjut Fadhilla, pasca kejadian ini pihaknya telah mengambil langkah-langkah yakni melakukan mediasi kepada pihak terkait. “Saya sudah melapor kepada pimpinan. Hari ini kita lakukan yang pertama mediasi kepada pihak-pihak supaya tidak ada kelanjutan,” ungkap dia.

Kemudian, sambung dia, pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap anggota Bataliyon Infantri 123 yang melakukan penyerangan terhadap anggota Polantas dan Mapolsek Pahae Jahe. “Kedua, memeriksa kepada anggota saya yang melakukan, siapa tokohnya hingga terjadi hal seperti ini,” ucapnya.

Dia menegaskan, bila memang terbukti bersalah, pihaknya pasti menindak tegas anggotanya. “Tentu ada proses hukum yang tepat terhadap hasil pemeriksaan. Proses sedang berlanjut, berikan waktu karena pemeriksaan ini tidak bisa cepat-cepat. Tapi saya yakini siapa yang salah pasti kita tindak tegas,” jelas Pangdam.

Dia memaparkan, kejadian ini bermula saat personil Kompi A Bataliyon Infantri 123 baru saja menghadiri acara pelepasan anggota di Bataliyon. “Sekira pukul 14.30 WIB, anggota balik saat di Jalan Silakitang ada terjadi kemacetan panjang karena fuso terguling sedang diatasi Kapolsek setempat,” katanya.

“Anggota kita buru-buru hingga melawan arah inilah penyebab kesalahpahaman. Ini kita cek atas peristiwa-peristiwa ini. Kemudian berefek penyerangan Mapolsek karena situasi panas mendengar berita-berita sehingga terjadi penyerangan,” ujar dia.

Ia pun sudah memerintahkan anggota TNI yang melakukan penyerangan itu untuk menemui anggota Polisi tersebut. “Anggota saya perintahkan bertemu dengan korban untuk permintaan maaf, Polsek yang dirusak agar Danyon memperbaiki,” jelas dia.

Sementara itu, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin juga mengaku insiden ini terjadi hanya kesalahapahaman. “Ini hanya salah paham, kemacetan ini mereka tidak tahu, dikira ada razia rupanya truk terguling. Sebenarnya ini salah bahasa, bahasa yang dipersepsikan berbeda. Kemarin malam kita bicara dengan Pangdam, Danrem, Dandim, Kapolres. Saya pastikan itu kesalahpahaman,” akunya.

Dia juga meminta agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi dikemudian hari. “Tidak boleh ada tindakan itu lagi, tadi malam Pomdam, Asintel dikirim, sedangkan dari Polda Kabid Propam saya kirim,” katanya.

Martuani berharap agar kedepannya TNI-Polri semakin merajuk solidaritas. “Mudah-mudahan kedepan kita bisa merajuk solidaritas TNI dan Polri, baju kita ini hanya warna saja yang beda, sesungguhnya kita bertugas untuk NKRI,” kata dia.

Seperti diketahui, keributan terjadi antara TNI dan Polri terjadi di Tapanuli Utara. Akibat kejadian ini, sejumlah personil polisi mengalami luka-luka. Bukan hanya itu saja, Mapolsek Pahae Jae juga mengalami kerusakan akibat penyerangan.

Reporter: Saut

Editor: Edrin

 

Related Articles

Latest Articles