13.6 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Hari Otda, Pengelolaan Ekonomi Hijau Diharapkan Maksimal di Sumut

Medan, MISTAR.ID

Bersamaan dengan Hari Otonomi Daerah (otda), Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut), Arief S Trinugroho meminta pengelolaan ekonomi hijau terus dimaksimalkan.

“Ini bertujuan guna meningkatkan investasi yang akan berimbas pada kesejahteraan rakyat. Oleh karena itu juga, pada hari Otda 2024 ini bertemakan ‘Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Sehat’,” ujarnya memimpin Apel peringatan hari Otda 2024, Kamis (25/4/24).

Menurut Arief, dalam proses peningkatan kesejahteraan masyarakat saat ini tentu akan mengalami beberapa hambatan yaitu stunting, kemiskinan ekstrem dan inflasi yang harus menjadi perhatian lebih pemerintah.

Baca juga : Ini Perbedaan Istilah Plt, Pjs, Plh, dan Pj Kepala Daerah

“Kemiskinan ekstrem dan Inflasi kita punya TPID dan yang terakhir tidak kalah pentingnya transformasi menuju pemerintah berbasis elektronik. Kemudian stunting target kita 14%, itu perlu koordinasi kuat antara pemerintah kabupaten kota dengan provinsi. ini masalah kita bersama yang harus segera diselesaikan,” imbuhnya.

Dia juga mengatakan bersamaan dengan peringatan hari Otda 2024 mengajak seluruh awak pemerintahan untuk mengevaluasi kinerja dalam membangun sebuah daerah.

Baca juga : Daerah Otonom Baru di Sumut Rawan Dijadikan Kampanye Politik Praktis

“Setiap daerah memiliki hak dan kewajiban dalam otonomi daerah, termasuk kita diberikan kewenangan mengelola sendiri urusan pemerintahan kita. Pengelolaan SDA untuk kepentingan masyarakat. Untuk itu, ini momentum yang tepat untuk mengevaluasi, introspeksi agar lebih baik ke depannya,” pungkas Arief.

Hari Otda sendiri merupakan peringatan yang diharapkan menjadi momentum bagi seluruh unsur pemerintah untuk terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang diperingati tanggal 25 April. (iqbal/hm18)

Related Articles

Latest Articles