17.6 C
New York
Friday, May 17, 2024

Harga Cabai Merah di Medan Berangsur Turun

Medan, MISTAR.ID

Harga cabai merah di Kota Medan berangsur turun. Bumbu dapur ini ada dijual di pasar tradisional di kisaran Rp40 ribu per kg, Minggu (20/8/23).

Sedangkan untuk komoditas lainnya seperti bawang merah juga turun diharga Rp20-24 ribu per kg dan diikuti cabai hijau Rp20 ribu per kg.

Sebelumnya sepekan lalu harga cabai merah mencapai Rp60 ribu hingga Rp70 ribu per kg.

“Udah turun hari ini. Tapi ya turun pun tetap mahal kata pembeli,” beber Dewi salah satu pedagang di Simpang Limun Medan pada Mistar.

Baca Juga: Pasokan Berkurang, Harga Cabai Melonjak Tajam di Siantar

Untuk harga lainnya, yang masih bertahan mahal adalah harga tomat dikisaran Rp14 hingga Rp15 ribu per kg. “Hujan terus buat harga tomat mahal,” ucapnya singkat.

Amatan di lapangan untuk harga sayuran juga tidak ada kenaikan. Seperti wortel Rp5 ribu per kg, kangkung 3 ikat Rp5 ribu, bunga kol Rp8 ribu per kg, terong Rp5 ribu per kg, jipang Rp 5 ribu per kg.

Di sisi lain, harga ayam potong masih bertahan di kisaran Rp31 ribu per kg. Belum ada kenaikan lagi selama sepekan ini.

Terpisah, Ketua Tim Pemantau Pangan, Gunawan Benjamin mengatakan harga cabai merah memang sudah berangsur turun namun masih berada di level harga Rp40 ribu. Ia memprediksi harga cabai merah diperkirakan sulit untuk turun lebih dalam lagi.

Baca Juga: Jelang Kemerdekaan, Harga Ayam Melonjak di Siantar dan Stok Kosong

“Jadi, harga cabai merah ini masih belum mencapai titik tertingginya yang diperkirakan akan terjadi bulan September atau Oktober nanti. Hal ini berdasarkan hitungan besaran indeks sebelumnya yang anjlok hingga di level 93, sehingga potensi kenaikan harga cabai merah sejauh ini masih cukup terbuka,” katanya.

Sementara itu, harga daging ayam sejauh ini bertahan di harga Rp30 hingga Rp33 ribu per kg, tidak mengalami perubahan harga pasca kenaikan harga awal pekan ini.

Untuk daging ayam sendiri diperkirakan masih akan stabil di level sekarang, setidaknya hingga akhir bulan agustus ini. Sejumlah harga input produksi seperti pakan ternak berpeluang naik. (Anita/hm22)

Related Articles

Latest Articles