17.9 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Harga Cabai dan Bawang Merah Kompak Turun di Medan

Sumut Diprediksi Inflasi di Maret 2024

Ditambahkannya, adanya penurunan sejumlah harga kebutuhan pokok di pekan ini dibandingkan dengan pekan sebelumnya di bulan Maret. Namun secara keseluruhan sejumlah harga kebutuhan pokok masyarakat di bulan ini mengalami kenaikan. Maka, Sumut berpeluang membukukan laju tekanan inflasi.

“Secara keseluruhan laju tekanan inflasi di bulan maret diproyeksikan akan berada diatas 0.32%,” ujarnya.

Dimana kenaikan harga yang paling tinggi terjadi pada komoditas bawang merah yang naik 13.86%, disusul daging ayam yang rata-rata naik 9.45%, bawang putih naik 6.43%, minyak goreng dan gula pasir yang naik paling tinggi 5.57%, harga daging sapi naik sekitar 1.5%. Sementara itu, sejumlah harga yang mengalami penurunan adalah cabai merah, cabai rawit dan beras.

Baca juga: Harga Bawang Naik Akibat Cuaca Buruk

Dimana secara rata-rata keduanya turun 1.3%, 3% dan 2.65%. Namun, penurunan komoditas tersebut dinilai tidak akan mampu membuat Sumut terhindar dari laju tekanan inflasi. Mengingat sumber penurunan harga lainnya seperti dari tomat, justru tidak diikuti dengan sejumlah komoditas lainnya yang naik seperti emas, kentang dan tiket pesawat.

“Capaian laju tekanan inflasi di Sumut ini menggambarkan bahwa harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat masih tinggi. Harga cabai memang belakangan ini mengalami penurunan. Namun yang menjadi persoalan adalah bahwa sekalipun rata-rata di bulan ini lebih rendah, namun yang menjadi persoalan adalah bahwa di bulan Maret harga cabai sempat menyentuh Ro100.000 per kg nya,” pungkasnya. (Anita/hm20)

Related Articles

Latest Articles