13.8 C
New York
Sunday, May 5, 2024

Gubernur Sumut Bakal Evaluasi Kinerja Kasek Enam Bulan Sekali

Medan, MISTAR.ID

Gubernur Sumatera (Gubsu) Edy Rahmayadi akan melakukan evaluasi kinerja 334 kepala sekolah yang baru dilantik di Aula Tengku Rizal Nurdin, Selasa (5/7/22) sore.

Ia telah menginstruksikan hal tersebut ke Dinas Pendidikan Sumut untuk melakukan evaluasi kinerja 6 bulan pertama. Bila kepala sekolah memiliki rapot baik, orang nomor satu di Pemprov Sumut akan memberikan hadiah atau reward.

“Ke depan, kita akan beri reward kepala sekolah yang berprestasi dia akan menempati tempat-tempat yang kita tunjuk dia maunya di mana. Tempat-tempat sekolah yang lebih bisa memompa prestasi itu,” kata Gubernur Edy usai melantik ratusan kepala sekolah se Sumut.

Selain itu, Gubernur Edy juga berjanji untuk meningkatkan kualitas kinerja Kasek. Pihaknya berencana akan memberikan mobil dinas.

Baca Juga:Gubsu dan Ketua KPU Sumut Teken Kerja Sama Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Dengan catatan, harus menunjukkan kinerja dan kualitas sekolah ia pimpin mengalami peningkatan secara kualitas keseluruhan.

“Bahkan, saya sudah merencanakan nanti akan mendapatkan mobil dinas kepala sekolah ini, apakah Avanza kah atau apapun itu sehingga untuk memotivasi kepala sekolah ini,” ungkapnya, didampingi Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah.

Dalam kesempatan itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Sumut Lasro Marbun mengatakan, yang pertama kepala sekolah berkualitas tidak lepas kualitas dari Kadisdik Sumut sendiri selaku pembinaan.

Baca Juga:Gubsu Edy Rahmayadi Video Call Gubernur Maluku, Ajak ke Sumut

“Sesuai kata Pak gubernur, pemimpin itu harus menentukan arah mau ke mana. Yang kedua, kita akan bikin sistem sekarang jadi BOS akan kita perbaiki, manajemen sekolah kita perbaiki termasuk personil semua akan dimulai dari sini. Ini akan meluas, setelah itu operasional,” kata Lasro.

Lasro mengungkapkan, untuk operasional tersebut, kembali baru attitude bisa gak dia menggambarkan institusinya.

Ia menjelaskan, kepala sekolah harus ada strategi dalam pendidikan, kualitas pendidikan di masing-masing sekolah.

Baca Juga:Gubsu Optimis Pebulutangkis Berprestasi Asal Sumut Segera ‘Lahir’

“Jadi, ada strategi untuk meningkatkan tadi. Bagiamana tools untuk menilai Pak gubernur mengamanatkan sekali 6 bulan,” sebut Lasro.

Lasro mengatakan, setiap Kasek yang baru dilantik untuk mengajukan strategi kinerjanya dalam pengembangan kualitas pendidikan, dia mendapatkan tugas sebagai pemimpin.

“Maka kepala sekolah ini telah mengisi kertas kosong, kita tidak membikin konsep tapi mereka sodorkan kertas kosong, sediakan materai Rp10 ribu nyatakan apa yang akan kau perbuat jadi tak perlu pengarahan. Itu kita uji nanti, itu akan kita foto copy, kasikan ke bidang-bidang satu, ke Kabid satu dan saya satu,” beber Lasro.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles