28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

Gedung Warenhuis Direvitalisasi, Pengamat: Sumber Sejarah dan Inspirasi Kehidupan Bangsa

Medan, MISTAR.ID

Wali Kota Medan Bobby Nasution ingin mengembalikan gedung Warenhuis yang merupakan bangunan bekas toko swalayan pertama di Kota Medan itu ke bentuknya semula.

Kota Lama Kesawan juga tak luput dari revitalisasi, yang nantinya direncanakan dapat menjadi pusat ekspo, terutama bagi pelaku UMKM, pojok kreatif bagi anak muda untuk melahirkan ide-ide kreatifnya serta berbagai tempat jajanan kuliner.

Dengan semua revitalisasi itu, orang nomor satu di Pemko Medan ini pun berharap dapat semakin mendukung Kota Medan sebagai salah satu destinasi wisata heritage di Tanah Air sekaligus mendorong perkembangan ekonomi.

Baca juga: Buntut Pernyataan Bobby Nasution, Lampu Pocong di Medan Dibongkar

Semua langkah yang dilakukan menantu Presiden Jokowi itu pun mendapat apresiasi dan dukungan dari dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Medan Area (UMA) Dr Wan Suryani SE MSi.

“Langkah itu sangat tepat, apalagi isu pelestarian kawasan bersejarah, gedung bersejarah atau kota tua sudah menjadi trend saat ini,” ucapnya, Minggu (14/5/23).

Dikatakan Wan, gedung Warenhuis merupakan salah satu bangunan cagar budaya yang merupakan warisan sangat penting serta dapat menjadi sumber sejarah maupun inspirasi kehidupan bangsa di masa kini dan masa akan datang.

Baca juga: Perayaan Paskah Oikumene Pemko Medan 2023, Bobby Nasution: Implementasikan Dalam Kehidupan

“Pelestarian gedung bersejarah dan kota tuanya bukan hanya terjadi di Indonesia, di luar negeri juga. Oleh sebab itu, saya sangat sependapat dengan Wali Kota yang melakukan revitalisasi gedung Warenhuis. Dengan revitalisasi ini, tentunya juga dapat mengenalkan produk-produk masa lampau yang berasal dari Kota Medan kepada pengunjung yang datang,” katanya.

Ke depannya, sambung Wan, Pemko Medan bisa menjadikan gedung Warenhuis sebagai magnet baru untuk daerah wisata, selain gedung-gedung bersejarah lainnya yang ada di Kota Medan.

“Kita ketahui UMKM memiliki peran penting dalam upaya mengembangkan kawasan wisata yang ada di suatu daerah, sebab produk-produk khas dari UMKM setempat akan menjadi daya tarik berbeda dan semakin menambah nilai wisata bagi para pengunjung yang datang,” pungkasnya. (Rahmad/hm21).

Related Articles

Latest Articles