19.1 C
New York
Thursday, August 8, 2024

Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery RSUP H Adam Malik Medan Diresmikan

Medan, MISTAR.ID

Direktur Jenderal (Ditjen) Pelayanan Kesehatan (Yankes) Kemenkes RI, dr Azhar Jaya, SKM, MARS meresmikan Gedung Pelatihan Telerobotic Surgery Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Jalan Bunga Lau nomor 17 Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan, Kamis (8/8/24).

Peresmian dilakukan dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan pemotongan pita. Azhar Jaya menjelaskan robotic surgery adalah pelaksanaan operasi dengan bantu robot. Pembedahan robotik, merupakan pembedahan yang dibantu komputer dan pembedahan yang dibantu secara robotik.

Baca juga : Dirjen Yankes Dukung Transformasi RS Adam Malik Dalam Bedah Jantung

“Telerobotic surgery ini akan sangat meningkatkan kualitas pelayanan karena istilahnya lebih presisi,” ujarnya saat ditemui usai peresmian.

Dijelaskannya, telerobotic surgery adalah teknologi masa depan yang harus dipersiapkan.

Baca juga : Peringati HUT ke-31, RSUP H Adam Malik Gelar Donor Darah

“Jadi robotic surgery ini luas, yang jelas operasinya pakai mesin, bisa diprogram, kemudian dokternya bisa mengerjakan atau membantu pasien lain,” sambungnya.

Pantauan mistar, usai peresmian, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti itu berkeliling dan melihat bangunan yang nantinya akan diisi teknologi canggih. (berry/hm18)

Related Articles

Latest Articles