11.5 C
New York
Thursday, May 2, 2024

Forkopimda Kembali Susur Sungai Deli

Medan, MISTAR.ID

Upaya membersihkan sungai sekaligus mengedukasi masyarakat terutama yang tinggal di bantaran sungai, Badan Penanggulangan Bencana kembali menggelar susur dan bersih-bersih Sungai Deli, Selasa (3/3/20). Selain membersihkan sungai, aksi ini juga digelar guna pencegahan sekaligus tanggap bencana, terutama banjir.

Kali ini susur dan bersih-bersih sungai dimulai dari jembatan Jalan Perdana, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat hingga Jalan Speksi Sungai Deli, persisnya belakang Pubbarram Buddhist, Kelurahan Kota Bangun, Kecamatan Medan Deli. Panjang jarak yang disusuri lebih kurang 9,6 Km dengan 76 titik, 38 titik sebelah kanan dan 38 titik sebelah kiri.

Aksi ini diikuti Kepala BPBD, Arjuna Sembiring, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Jhonny Edizon Isir, Danyon Marinir Marhalan I Belawan Mayor Marinir Farick M Tr Opsla, Kadis BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis, perwakilan dari Kodim 0201 BS serta unsur Forkopimda Kota Medan lainnya.

Kegiatan dimulai pukul 09.30 WIB. Aksi ini kedua kalinya dilakukan, sebelumnya, Selasa (22/1), telah dilakukan dengan objek mulai Avros hingga jembatan Jalan Perda dengan panjang lebih kurang 5,6 km dan sebanyak 36 titik.

Arjuna Sembiring menjelaskan, aksi ini merupakan kegiatan rutin Pemko. “Mudah – mudahan kegiatan ini bisa menggugah kembali  sekaligus mengajak masyarakat agar jangan buang sampah ke sungai,” kata Arjuna.

Sejak digelar pertama kali, jelas Arjuna, aksi susur dan bersih-bersih Sungai Deli mulai mendapat dukungan masyarakat, terutama yang bermukim di sepanjang bantaran sungai. Secara perlahan, kawasan yang telah dilalui mulai kelihatan bersihnya. “Jika semua mendukung, insya Allah Sungai Deli, termasuk bantarannya akan semakin bersih,” ungkapnya optimis.

Reporter: Wasgo

Editor: Edrin

Related Articles

Latest Articles