18.6 C
New York
Tuesday, April 30, 2024

Farmasi USU Beri Penyuluhan Cegah Covid-19 di Belawan

Medan, MISTAR.ID:

Guna menekan angka kasus Covid-19 khususnya di Kota Medan dan Sumatera Utara (Sumut), Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara (USU) melalui tim pengabdian masyarakat memberi penyuluhan berupa edukasi pada warga Kelurahan Belawan I.

Ketua tim pengabdian masyarakat Farmasi USU, Lia Laila SFarm MSc mengatakan, merebaknya penyakit disebabkan virus corona yang menjadi pandemi dan melanda seluruh dunia, sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksinnya.

Untuk itu, upaya yang dapat dilakukan dalam menekan angka penyebaran penyakit tersebut adalah dengan cara mencegah penularannya. Salah satunya mencuci tangan dengan air dan sabun maupun menggunakan antiseptik seperti hand sanitizer.

Baca juga: Lagi, USU Perpanjang Lockdown Hingga 8 Agustus 2020

“Tim pengabdian masyarakat Fakultas Farmasi USU melakukan edukasi dengan penyuluhan kepada warga Kelurahan Belawan I, kegiatan dilaksanakan pada Jumat lalu (21/8/2020). Penyuluhan sekaligus pelatihan yang disampaikan meliputi pemberian materi tentang penyakit Covid-19, bagaimana penyakit ini ditularkan dan bagaimana pula cara-cara pencegahan penularannya,” kata Lia Laila didampingi anggota tim pengabdian masyarakat, Marianne, SSi MSi, T Ismanelly Hanum dan Hetty Lendora Maha SFarm MSi, Minggu (23/8/20).

Baca juga: Mahasiswa Agribisnis USI KKN, Pengabdian di Tengah Pandemi

Di samping itu, sambungnya, tim pengabdian yang terdiri dari dosen dan mahasiswa Fakultas Farmasi USU juga mempraktikkan bagaimana mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun. Serta, bagaimana cara membuat hand sanitizer sendiri di rumah, sehingga tidak bergantung lagi pada ketersediaannya yang semakin langka dan mahal di pasaran.

“Dalam kesempatan tersebut, tim pengabdian juga memberikan alat perlengkapan untuk membuat hand sanitizer yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh pihak kelurahan khususnya ibu-ibu PKK. Harapannya, Kelurahan Belawan I dapat membuat sendiri hand sanitizer bagi masyarakat sekitarnya,” pungkas Lia.

Kegiatan ini disambut baik oleh Lurah Belawan I, Siti Maryam SSos. Siti memberikan apresiasi dan mengharapkan kegiatan seperti ini dapat dilakukan setiap tahun di kelurahan tersebut.

Hal serupa juga ditunjukkan oleh peserta yang hadir yang merupakan masyarakat sekitar kelurahan dan juga ibu-ibu PKK Kelurahan Belawan I. Mereka sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan dan juga aktif dalam bertanya mengenai penyakit Covid-19. (Anita/hm06)

Related Articles

Latest Articles