13.5 C
New York
Monday, April 15, 2024

F1 PowerBoat Lake Toba, Spektakulernya Olahraga dan Pariwisata Sumut

Medan, MISTAR.ID

Dalam upaya menghindari gangguan cuaca, Wakil Direktur MGPA, Samsul Purba, menjelaskan kejuaraan balap perahu air F1 PowerBoat akan dimulai lebih pagi di Danau Toba. Keputusan itu diambil dengan pertimbangan karena siang ke sore hari angin lebih kencang, sehingga mempengaruhi perlombaan.

“Karena itu, balapan F1 PowerBoat diselenggarakan lebih pagi. Jadi nanti teman-teman yang ingin menyaksikan kejuaraan ini datang lebih pagi. Perhatikan jadwalnya karena sebelum pukul 12:00 WIB, kejuaraan F1 PowerBoat-nya sudah berakhir,” ujarnya pada konferensi pers Pertamina F1 PowerBoat Lake Toba di Pos Block, Medan, Kamis (22/2/24).

Usai balap PowerBoat, kata Samsul, kegiatan akan dilanjutkan dengan kejuaraan nasional Aquabike dan festival solu bolon dengan memperebutkan hadiah Rp 250 juta. Kemudian sore hingga malam akan ada pentas seni atau festival musik.

Baca juga: Menparekraf Dorong Multiplier Effect di F1 Powerboat: Target Pencapaian Rp500 M

Maya Watona, Direktur Pemasaran Pariwisata InJourney menyampaikan, F1 PowerBoat telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kalender tahunan InJourney hingga 2027. Lebih dari sekadar ajang balapan, F1 PowerBoat menjadi katalis pengembangan destinasi dan pendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat.
“Ini merupakan komitmen dari InJourney untuk terus mendorong pariwisata sebagai motor penggerak ekonomi,” ungkap Maya.

Danau Toba dinobatkan di urutan ke-24 oleh New York Times dalam kategori destinasi wisata kelas dunia, menjadi daya tarik utama. Maya mendorong para wartawan dan konten kreatif untuk memviralkan hal-hal positif tentang Danau Toba, menggambarkan keindahan alamnya dan keragaman budayanya.

Bupati Toba, Poltak Sitorus, memaparkan bahwa kesuksesan F1 PowerBoat pada 2023 yang menggerakkan ekonomi sebesar Rp391 miliar dan ini menjadi dorongan untuk mencapai target lebih besar pada tahun ini, yaitu Rp500 Miliar. Kerjasama yang baik dengan tujuh kabupaten di kawasan Danau Toba diharapkan dapat meningkatkan dampak ekonomi pada masyarakat lokal.

Baca juga: F1 Powerboat dan AIC Digelar Bersamaan di Danau Toba, Turut Tampilkan Band Ternama

Target penonton untuk F1 PowerBoat tahun ini adalah lebih dari 60.000 orang, mengikuti kesuksesan sebelumnya. “Efek multiplier ekonomi akan luar biasa dari even ini. Selain itu, jumlah kunjungan wisman di Sumut juga meningkat signifikan, dari 1 juta menjadi 2 juta pada 2023,” tambah Poltak.

Effendy Pohan, yang mewakili Pj Gubernur Sumut, menegaskan koordinasi intensif dengan Kemenko Marves dalam memperkuat sektor pariwisata dan UMKM untuk menyukseskan kejuaraan kelas dunia ini. “Kami meminta agar kita semua tetap menjaga seluruh venue yang telah kita bangun agar tetap awet dan tidak rusak sehingga tetap bisa kita pakai setiap tahun,” ujar Effendy Pohan.

Pertamina F1 PowerBoat Lake Toba bukan hanya sekedar ajang olahraga, tetapi juga menjadi momentum untuk memajukan pariwisata dan ekonomi Sumut. Dengan harapan bahwa keberlangsungan even ini akan memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat dan pariwisata Sumut. (hutajulu/hm17)

Related Articles

Latest Articles