21 C
New York
Friday, May 3, 2024

Duh…! Ditengah Pandemi, DPRD Medan Malah Dapat Tablet dan Laptop Baru

Medan, MISTAR.ID

Seluruh pimpinan dan anggota DPRD Medan yang berjumlah 50 orang mendapat fasilitas baru di tengah pandemi Covid-19 berupa tablet dan laptop baru.

Informasi yang didapat, tablet yang diberikan kepada anggota dewan tersebut bermerek Samsung S6 seharga Rp 6.645.000, dan laptop merek HP seharga Rp 22.350.000. Totalnya mencapai Rp 28.995.000.

Jika dikalikan dengan 50 anggota dewan maka total biaya untuk memenuhi fasilitas ini menghabiskan dana lebih dari Rp 1,4 Miliar. Tablet untuk 50 anggota dewan itu sudah tiba di gedung DPRD Medan, Selasa (9/6/20), kemarin.

Kabag Umum Sekretariat DPRD Medan, Andi Syukur Harahap, saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

“Ya, dewan akan dapat fasilitas berupa iPad dan laptop,” akunya kepada wartawan, Rabu (10/6/20).

Baca Juga:Ketua Komisi II DPRD Medan Temukan Masih Ada Warga Tak Dapat BLT Covid 19

“Tabletnya sudah tiba, laptopnya masih dalam proses pengiriman kesini. Begitu kita terima langsung dibagikan kepada anggota dewan,” sambungnya.

Andi menyebut tablet dan laptop merupakan fasilitas yang disediakan oleh Sekretariat DPRD guna menunjang kinerja anggota dewan.

Menurut dia fasilitas itu sebuah kelaziman. Setiap periode anggota dewan mendapat fasilitas berupa laptop.

“Periode sebelumnya itu hanya laptop, untuk periode ini ditambah dengan iPad. Sekarang sudah zaman teknologi, ini juga dalam rangka mengurangi penggunaan kertas. Sejumlah daerah bahkan sudah melakukan lebih dahulu,” kilahnya.

Ia mengatakan fasilitas laptop beserta iPad yang diberikan kepada anggota dewan merupakan inventaris Sekretariat DPRD. “Jadi begitu masa jabatan berakhir iPad dan laptop ditarik kembali,” terangnya.

Baca Juga:Wakil Ketua DPRD, Pemko Medan Harus Tegas Kepada Kepling yang Pungli Warga

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Medan, H Rajuddin Sagala mengaku belum mengetahui jika anggota dewan akan dapat fasilitas berupa tablet dan laptop.

“Saya belum tahu soal itu, saya sendiri belum dapat soalnya,” aku Rajudin.

Namun, ia menilai pemberian fasilitas tersebut tidaklah berlebihan namun justru membantu kinerja anggota legislatif di tengah pandemi covid-19.

“Kalau ditengah situasi seperti ini, itu sangat membantu, karena rapat paripura dan RDP bisa melalui virtual. Jadi kinerja anggota DPRD bisa terbantu dengan adanya fasilitas itu,” sebutnya.

“Tidak semua handphone yang dimiliki teman-teman sinyalnya bagus, jadi bisa memudahkan kinerja legislatif ditengah pandemi ini. Jadi tidak harus ketemu fisik,” sambungnya.

Sementara anggota DPRD Medan lainnya, Hendra DS menanggapi santai fasilitas baru yang diterima mereka. “Dikasih pinjamnya ini, kalau hilang ganti,” seloroh politisi Hanura itu. (iskandar/hm01).

Related Articles

Latest Articles