28.7 C
New York
Thursday, May 9, 2024

DPRD Medan: Benahi TPU, Penataan Ulang Jangan Kutip Bayaran

Medan, MISTAR.ID

Pasca amblasnya 12 kuburan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kristen Simalingkar B Kecamatan Medan Tuntungan, Anggota Komisi IV DPRD Medan Daniel Pinem mendesak Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) agar segera melakukan pembenahan di lokasi.

“Saya sudah menerima video dari warga. Kita sangat prihatin dengan kejadian tersebut. Oleh sebab itu, saya desak DKP agar segera menurunkan tim untuk melakukan pembenahan,” ucapnya, Rabu (20/4/22).

Dikatakannya, adapun tahapan awal yang perlu dilakukan yakni pembenahan dan penataan kuburan yang terkena dampak.

Baca juga:12 Kuburan Hanyut ke Sungai di TPU Kristen Simalingkar B

“Kuburan yang terkena dampak didata terlebih dahulu dan melakukan koordinasi dengan pihak keluarga. Satu hal yang harus dipahami, bagi suku Batak jasad yang sudah dimakamkan memiliki makna yang sakral, terutama orangtua,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Selain itu, Daniel juga meminta agar pihak DKP segera mencari tempat pemakaman yang baru dan layak terhadap pemakaman yang terdampak banjir tersebut.

“Dari video yang saya terima ada pemakaman yang amblas dan menyebabkan tulang belulang berserakan. Makanya harus segera ditangani serius,” pintanya.

Baca juga:Pelepasan Lahan TPA dan TPU Tak Kunjung Kelar, Ini Kata Pemko Siantar

Daniel juga berpesan agar dalam pemindahan atau penataan ulang pemakaman tersebut tidak dilakukan pengutipan biaya.

“Kita ingatkan agar pemindahan pemakaman ini jangan dikutip biaya apa pun. Ini harus menjadi perhatian Wali Kota Medan Bobby Nasution agar memberikan instruksi langsung,” pungkasnya. (rahmad/hm06)

 

Related Articles

Latest Articles