29.4 C
New York
Sunday, June 23, 2024

Ditanya Soal Banyak Kabel Bergelantungan, Begini Jawaban Kadis PUPR Sumut

Medan, MISTAR.ID

Polemik yang hingga saat ini masih dirasakan warga di sekitaran jalan HM Yamin dengan adanya kabel jalan bergelantungan terus berlanjut. Sebab, setelah beberapa bulan lamanya kabel-kabel tersebut terus dibiarkan bergelantungan di tepi jalan.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Sumut, Mulyono mengatakan pihaknya sudah melakukan kajian dari hal tersebut. “Saya sudah, kami sudah melakukan kajian, bagaimana supaya utilitas-utilitas di jalan itu bisa lebih rapi,” ujarnya, Rabu (5/6/24).

Mulyono menceritakan bagaimana sebuah perumahan di PT Freeport saat ini memakai sistem kabel tanam. “Mungkin kita bisa lihat di salah satu komplek di freeport, perumahannya itu seperti di luar negeri, tidak ada kabel-kabel, mereka semua pakai kabel tanam,” tuturnya.

“Jadi mereka pakai kabel tanam, jadi dibuatkan suatu ruang untuk kabel-kabel itu disimpan disitu nanti, nah itu masih dikajilah, kalau anggaran kita lebih besar, mungkin kita bisa gandeng pihak swasta,” jelasnya.

Baca Juga : Kabel Semrawut di Jalan HM Yamin, Dewan: Pemko Harus Segera Bertindak, Itu Merusak Estetika

Dirinya juga mencontohkan bagaimana kabel-kabel jalanan bisa diberlakukan seperti perusahaan provider pada tower-towernya.

“Contohnya saja perusahaan provider, kalau masing-masing perusahaan provider jaringan punya tower, sudah berapa banyak towernya, sama juga dengan kabel-kabel itu, mungkin di sisi jalan kita bisa buat suatu terowongan, di situlah kabel kabel PLN, gas dan lainnya,” ungkapnya.

Mulyono juga menyebut akan segera merapikan kabel-kabel jalanan termasuk yang saat ini ada di jalan HM Yamin.

“Itu dikaji dulu lah, PR kita bersama itu, karena kebutuhan uangnya juga tidak sedikit itu. Untuk sementara yang ada tadi kita akan segera tingkatkanlah kerapiannya,” pungkasnya. (iqbal/hm24)

Syahrial Siregar
Syahrial Siregar
Alumni STIK-P Medan. Menjadi jurnalis sejak 2008 dan sekarang redaktur untuk portal mistar.id

Related Articles

Latest Articles