29.7 C
New York
Friday, July 5, 2024

Dinkes Sumut: ILP Percepat Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut), Alwi Mujahit Hasibuan mendukung pelaksanaan program integrasi pelayanan kesehatan primer.

Integrasi layanan primer (ILP) merupakan tahapan dari transformasi kesehatan sebagai kebijakan yang ditetapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Pada pertemuan Diseminasi Hasil Program USAID MOMENTUM dan dukungan ILP, Alwi bilang, program tersebut dapat mempercepat upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi di Sumut.

Baca juga : Sumut Targetkan 111.331 Bayi Peroleh Imunisasi Tetes Rotavirus

“Masalah kesehatan terkait ibu dan anak yang sering ditemui adalah pelayanan kehamilan yang rendah, risiko melahirkan tinggi, cakupan imunisasi rendah, serta tingginya kematian ibu akibat pendarahan,” ucap Alwi dalam sambutannya di Hotel Sandika Medan, Rabu (20/9/23).

Kondisi itu, kata dia, menandakan unit pemberi layanan kesehatan belum cukup dekat dengan masyarakat untuk memenuhi standar pelayanan minimal.

Tranformasi layanan primer, sebut Alwi, sejalan dengan kebijakan dan strategi bidang kesehatan yang diamanatkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020-2024.

Yakni meningkatkan dan menguatkan pelayanan kesehatan dasar dengan mendorong peningkatan upaya promotif dan preventif, serta didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Related Articles

Latest Articles