26.3 C
New York
Wednesday, June 26, 2024

Dinkes Medan Gelar Gebyar Peduli Kesehatan, Berikan Pelayanan Gratis

Medan, MISTAR.ID

Pemko Medan melalui Dinas Kesehatan Kota Medan menggelar Gebyar Peduli Kesehatan di RSUD H Bachtiar Djafar Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Medan Labuhan, Sabtu (29/7/23). Kegiatan bagian dari puncak peringatan hari jadi Kota Medan yang ke-433 tahun.

Kegiatan bakti sosial pemeriksaan kesehatan gratis yang dikhususkan bagi masyarakat Medan Utara ini, dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution diwakili Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Taufik Ririansyah.

Taufik Ririansyah mengatakan, Dinas Kesehatan selaku perangkat daerah yang bertanggung jawab terhadap urusan di bidang kesehatan Kota Medan berkomitmen untuk selalu menjaga profesionalisme dalam melayani pasien mulai dari faskes tingkat pertama hingga faskes tingkat lanjutan.

Baca juga: Kecewa, Pasien Sakit Gula Hanya Boleh Cek Kesehatan Sebulan Sekali di Puskesmas Aek Nauli Siantar

“Kesehatan merupakan salah satu program prioritas Bapak Wali Kota. Oleh sebab itu, kami sebagai pelayan masyarakat dituntut untuk selalu melayani seluruh orang yang akan mendapatkan pelayanan kesehatan baik itu di Puskesmas maupun di Rumah Sakit milik Pemko Medan,” kata Taufik Ririansyah.

Dikatakan Taufik, guna mendukung peningkatan pelayanan kesehatan di Kota Medan, saat ini Pemko Medan juga telah menjalankan program Universal Health Coverage (UHC).

“Mekipun sudah banyak jaminan kesehatan yang telah dicanangkan oleh Pemerintah kepada masyarakat seperti BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, UHC, dan jaminan kesehatan lainya, namun masyarakat harus tetap menjaga pola hidup sehat agar tidak gampang tertular oleh berbagai penyakit yang bisa merugikan masyarakat,” imbaunya.

Baca juga: Cek Kesehatan Tulang Sejak Dini Bisa Cegah Osteoporosis

Adapun Gebyar Kesehatan yang digelar hari ini, jelas Taufik, Dinas Kesehatan mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis penyakit tidak menular, pemeriksaan gigi dan mulut untuk anak SD, pemeriksaan mata sekaligus pemberian kacamata secara gratis bagi lansia, pemeriksaan USG gratis bagi ibu hamil, donor darah dan screening stress test.

“Screening stress test ini merupakan satu-satunya yang ada di Kota Medan yang dimiliki oleh Puskesmas Helvetia,” pungkasnya. (Rahmad/hm17)

Related Articles

Latest Articles