25.4 C
New York
Friday, May 24, 2024

Dinas PPPA Tingkatkan Kemampuan Perempuan Desa Denai Kuala

Medan, MISTAR.ID

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Sumut Nurlela menjelaskan, perempuan kini masih menjadi kelompok masyarakat tertinggal di berbagai aspek pembangunan.

Karenanya, perlu upaya peningkatan kemampuan perempuan. “Peningkatan kemampuan perempuan ini dilakukan dengan dengan memberikan pendidikan melalui sekolah perempuan,” ucapnya membuka FDG Lanjutan Penyusunan Modul Pelatihan Fasilitator

Kelas Perempuan Mandiri Berbudaya (Kelapa Muda) di Kantor Dinas PPPA Deli Serdang, Senin (6/12/21). Dikatakan Nurlela, ada sebanyak 10 orang fasilitator mendapatkan pelatihan secara maraton. Mereka akan turun ke lapangan memberikan pendidikan Kelapa Muda di Desa Denai Kuala Pantai Labu Deli Serdang.

Untuk itu, Dinas PPPA Provinsi Sumut menginisiasi program Kelapa Muda Sumut. Sebagai pilot project, Dinas PPPA menunjuk Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (HAPSARI) dan Desa Denai Kuala sebagai mitra.

Baca Juga:Konas Perempuan GMKI, Perempuan Bermartabat Inspirasi Masa Depan

“Dengan berdirinya Kelapa Muda, serta adanya potensi partisipasi masyarakat di Desa Denai Kuala. Seperti PKK, Serikat Perempuan Independen, Layanan Berbasis Komunitas (LBK) untuk pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Serta, Karang Taruna maka dapat meningkatkan kesejahteraan perempuan di Desa Denai Kuala,” tuturnya.

Peluncuran 13 Desember 2021

Kasi Kelembagaan PUG dan PP Bidang Sosial Politik dan Hukum pada bidang KHPK Dinas PPPA Devita Mesayu menambahkan, hingga peluncuran Kelapa Muda, Senin (13/12/21) nanti, para fasilitator akan terus mendapatkan pelatihan. Baik pelatihan indoor maupun outdoor.

“Rencana kita, akan terlaksana juga pembelajaran di alam terbuka dari relawan untuk fasilitator. Nanti juga akan bekerja sama dengan pramuka. Sehingga kita bisa bekali fasilitator di Desa Denai Kuala lebih baik,” tuturnya.

Baca Juga:Sekolah Perempuan Pertama Sumut Akan Diluncurkan

Selain di Deli Serdang, sambung Devita, rencananya Dinas PPPA akan pilih 9 kabupaten/kota di Sumut yang punya komitmen kuat untuk mendukung kelas perempuan.

“Beberapa kabupaten/kota sudah menghubungi kita untuk kelas perempuan ini. Antara lain, Gunung Sitoli dan Labuhanbatu,” terangnya. Kata Devita, HAPSARI mereka pilih sebagai pilot project kelas perempuan di Sumut lantaran HAPSARI memiliki lokus daerah.

Sehingga program ini tinggal menguatkan cakupannya. Tidak hanya fokus pada kekerasan perempuan, tapi juga program lain seperti stunting. Sementara, Kepala Desa Denai Kuala Swardi menuturkan, kelas perempuan perlu hadir di desanya.

Baca Juga:Pentingnya Peranan Perempuan dalam Politik

Memang dia akui, hingga kini masih banyak tantangan dalam pembelajaran perempuan. “Namun dengan kemampuan menerangkan dan berkomunikasi baik dari fasilitator, sehingga saya yakin akan mendukung program. Agar Bapak-bapak (warga lelaki) mengerti,” jelasnya.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua Dewan Pengurus HAPSARI Laini Zailani, Bappeda Deli Serdang, Dinas P2KBP3A, Dinas PMD Deli Serdang, Ketua Ja-Puk, Direktur LBH Apik Medan, PUSPA Sumut, dan PSGA UMSU.(anita/hm10)

Related Articles

Latest Articles