25.9 C
New York
Thursday, June 6, 2024

63 Personel Polres Tebing Tinggi Amankan Perayaan Waisak 2024

Tebing Tinggi, MISTAR.ID

Sebanyak 63 personel kepolisian diterjunkan untuk pengamanan di terhadap beberapa vihara maupun kelenteng dalam perayaan Hari Raya Tri Suci Waisak 2568 BE Tahun 2024, guna mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), pada Kamis (23/5/24) di wilayah hukum (wilkum) Polres Tebing Tinggi.

Kasi Humas, AKP Agus Arianto menuturkan, pengamanan dilakukan dengan cara menempatkan personel berseragam lengkap di setiap vihara maupun kelenteng.

Baca juga:Dilepas Wali Kota Waris Tholib, Pawai Lilin Tri Suci Waisak Meriah di Tanjung Balai

“Pengamanan dilakukan untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas pada saat ibadah sembahyang berlangsung. Pengamanan dilaksanakan Polres Tebing Tinggi dan Polsek jajaran dengan menempatkan personel di setiap vihara maupun kelenteng,” ungkap Agus.

Lebih lanjut disampaikan Agus, selain antisipasi gangguan kamtibmas, ini sebagai wujud kebebasan menganut agama dan kepercayaan masing-masing. Dalam hal ini Polres Tebing Tinggi menjamin kebebasan setiap Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melaksanakan kegiatan keagamaan.

Ada beberapa vihara dan kelenteng yang melaksanakan ibadah sembahyang perayaan Hari Raya Waisak, yaitu Vihara Avalokitesvara di Jalan Ahmad Yani, Kelenteng Cetiya Sad Dharma di Jalan Tengku Hasyim, Vihara Avalokitesvara (Hong San See Temple) di Jalan Tengku Hasyim, Kelenteng Pekong di Jalan Tengku Hasyim, Vihara Vidya Vajra Ganda di Komplek Citra Harapan Jalan Sisingamangaraja, serta Vihara Satya Darma di Jalan Persatuan.

Baca juga:Polres Pematangsiantar Siagakan Perayaan Hari Waisak 2568 BE 2024

Waisak adalah hari raya bagi umat Budha dan momen suci ini berlangsung pada bulan Mei saat Purnama Sidi.

“Hari raya ini merupakan momen penting untuk meningkatkan spiritualitas bagi umat agama yang merayakannya. Karena itu biasanya akan berlangsung meditasi, puja bakti, serta perbuatan baik lainnya di tempat ibadah untuk memperkuat keimanan,” tutur Agus. (nazli/hm16)

Related Articles

Latest Articles