15.6 C
New York
Thursday, May 16, 2024

Dampak TPA Terjun di Marelan, Pengamat Sosial: Lokasi Harus Steril

Baca Juga : Tindaklanjut Kerjasama Penanganan Sampah, Bobby Nasution & Dubes Belanda Tinjau TPA Terjun

Kemudian, dari segi masyarakat Jehan berharap Pemko Medan bisa melakukan monitoring dan evaluasi pada proses pemilihan awal sampah di TPS yang ada di lingkungan Kota Medan.

“Dari segi pemerintah, lingkungan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam pemilihan, dan bagaimana pengelolaan green waste. Sekarang ini sampah itu bisa jadi teman dekat dan bisa jadi modal ekonomi apalagi yang tinggal dekat situ,” katanya.

Berbeda dari segi pengamat sosiologi dan perkotaan serta perencanaan wilayah, Jehan juga mengatakan bahwa ada level adopsi dan formulasi yang harus dilakukan Pemko Medan, TPA merupakan tempat yang harus Steril.

“Lokasi Steril yang dimaksud itu adalah harus menguatkan dimensi dari dampak lingkungan tepat, tapi saya melihat TPA Terjun ini berada di lingkungan masyarakat dan mereka tertarik untuk berada di daerah situ, apalagi dibangun joglo di situ. Saya berharap kepada Pemko Medan diperhatikan kembali dalam master plan dan memperhatikan kembali tata ruang pengelolaan sampah,” pungkasnya. (dinda/hm24)

Related Articles

Latest Articles