23.3 C
New York
Wednesday, July 24, 2024

Cuaca Panas, Dinas LHK Sebut 6 Daerah di Sumut Rawan Karhutla

Medan, MISTAR.ID

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Sumatera Utara menyebut setidaknya ada beberapa daerah yang rawan terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terlebih saat cuaca panas seperti saat ini.

Kepala Dinas (Kadis) LHK Sumut, Yuliani Siregar mengatakan ada enam Kabupaten yang menjadi rawan terjadi Karhutla pada musim seperti saat ini. Hal tersebut, menurut Yuliani, karena kawasan yang masih banyak hutannya.

“Iya yang rawan Karhutla itu seperti Kabupaten Samosir, Simalungun, Padang Lawas Utara, Labuhan Batu, Karo dan Tapanuli Selatan,” ujarnya kepada Mistar.id, Rabu (24/7/24).

Baca juga : BMKG Ungkap Pemicu Cuaca Panas di Kota Medan Beberapa Hari Terakhir

Yuliani mengatakan pihaknya akan terus melakukan pengawasan terlebih pada beberapa waktu lalu juga telah terjadi Karhutla di kawasan Samosir.

“Iya kita akan terus pantau, kepada masyarakat juga kami minta waspada,” tuturnya.

Baca juga : Ribuan Jemaah Haji Meninggal Dunia Akibat Cuaca Panas

Diketahui, terakhir kali terjadi Karhutla pada beberapa hari yang lalu tepatnya, Minggu (14/7/24). Yuliani mengatakan sekira 300 hektar lahan hutan lindung di Siarubung atau Dolok Sijonaha, Desa Sipitu Dai, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kabupaten Samosir terbakar.

“Iya kemarin (Samosir) perkiraan luas yang terbakar 250 hingga 300 hektar. Itu kemarin lahannya semak belukar, hutan pinus dan pertanian lahan kering. Kita tidak mau itu terjadi kembali,” pungkasnya. (iqbal/hm18)

Related Articles

Latest Articles